Scroll to Top

Dua Jenis Minyak untuk Gorengan Lebih Sehat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 27 Jan 2012

Ada sebuah penelitian menarik di Spanyol. Dari sekitar 40.757 orang yang dijadikan sampel, sebagian besar mereka teridentifikasi tidak bermasalah dengan jantungnya sekali pun doyan menyantap makanan gorengan. Padahal, selama ini gorengan dianggap sebagai salah satu pemicu hadirnya kolesterol yang bisa menumpuk di peredaran darah, dan meingkatkan risiko jantung koroner.

gorengan

Penelitian yang dilakukan selama 11 tahun itu menemukan ada sebagian minyak yang cukup bagus dipakai sebagai minyak goreng, sebagai ganti minyak yang kayak lemak trans. Yaitu minyak zaitun dan minyak dari bunga matahari. Kedua minyak ini kerap dipakai oleh penduduk di Mediterania dan tidak berpotensi menimbulkan risiko kesehatan di jantung.

Beda halnya dengan minyak goreng umumnya, minyak dari bunga matahari justru mengandung omega-6 yang tinggi. Zat bisa berguna sebagai antidepresan. Selama ini, gorengan dikenal pula menciptakan reaksi depresi bagi penikmatnya. Di Amerika, masalah ini menjadi salah satu kasus kesehatan yang banyak dialami. Dan, minyak bunga matahari bisa dipakai untuk mencegah efek samping gorengan itu.

Seperti dikutip RodaleNews, penelitian yang dimuat British Journal of Medicine itu juga mengatakan setidaknya ada dua hal yang membuat orang Spanyol lebih rendah risiko terkena sakit jantung. Pertama, konsumsi makanan gorengan mereka jauh lebih rendah dari warga AS. Dan, minyak zaitun yang rata-rata dipakai oleh warga Spanyol lebih sehat dibanding minyak goreng kaya lemak trans yang digunakan warga Amerika.

Hanya saja menurut Drew Ramsey, seorang penulis, kedua minyak ini juga rentan berakibat menimbulkan lemak yang tidak baik jika dipakai dengan panas sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda