Scroll to Top

Lionel Messi Berperanan Besar dalam 50% Gol Barcelona Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 28 Jan 2012

114 gol sudah dibuat Barcelona sepanjang musim ini. Ketergantungan El Barca terhadap Lionel Messi pun semakin terasa. Ya, Lionel Messi berperanan dalam setengah jumlah gol tersebut. Messi mencetak 36 gol dan melepaskan 18 assist. Artinya, hampir 50% gol Barcelona berasal dari sang nomor 10.

Lionel Messi

Yang lebih unik, sepanjang pertandingan di tahun 2012, ketika Messi bermain, ia belum pernah melewatkan satu pertandingan pun tanpa gol atau assist, kecuali dalam laga menghadapi Espanyol yang berakhir 1-1 di Cornella El-Prat.

Messi mungkin akan disorot dengan produktivitasnya yang menurun di El Clasico. Maklum, dalam 3 pertandingan terakhir menghadapi Iker Casillas, penjagaan ekstra ketat ala Jose Mourinho sukses membuat Messi tak mencetak gol.

Namun, Mou belum menemukan formula ampuh agar Messi berhenti menciptakan peluang. Ya, ada 3 gol Barcelona di 3 El Clasico terakhir yang berasal dari pergerakannya.

Ketika Real Madrid tumbang 1-3 Desember lalu, aksi menawan Messi membuat Alexis Sanchez sukses mencetak gol penyama kedudukan. Lalu, saat Real Madrid kembali menjamu Barcelona di Copa del Rey, sebuah assist fantastis membuat Eric Abidal yang lolos dari jebakan off side, mencetak gol kemenangan. Terakhir, pergerakan Messi yang tak bisa dibendung bek Real Madrid sukses dimanfaatkan oleh Pedro Rodriguez untuk mencetak gol perdana di El Clasico kemarin.

Total 18 assist yang dibuat Messi dalam waktu setengah musim ini, bisa jadi akan melewati semua rekor assistnya sepanjang masa di Barcelona. Rekor assist terbanyak Messi terjadi pada musim lalu dengan 25 assist. Sementara kompetisi musim ini masih begitu panjang, jelas kemungkinan sang nomor 10 menambah koleksi assistnya sangat tinggi.

Untuk urusan di La Liga, jumlah assist Messi cuma kalah dari duo Real Madrid, yaitu Angel di Maria (13 assist) dan Mesut Ozil (9 assist). Saat ini koleksi assist Messi baru di angka 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda