Scroll to Top

Facebook Bersiap Go Publik

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Fcebook IPO

Initial Public Offering (IPO) atau Penawaran Umum Perdana Facebook yang telah ditunggu-tunggu – mungkin satu dekade – akhirnya terlaksana. Facebook akan mengajukan dokumen untuk IPO tersebut pada Rabu (01/02/12) depan, menurut laporan dari Mashable.

Jika benar-benar terjadi maka ini akan menjadi IPO tebesar dalam sejarah perusahaan teknologi. Jejaring sosial tersebut ditaksir memiliki nilai USD 10 miliar. IPO terbesar lainnya dalam perusahaan teknologi adalah Infineon, sebuah perusahaan Jerman yang senilai USD 5,9 miliar pada tahun 2000 dan IPO Google yang pada tahun 2005 bahkan tidak mencapai USD 2 miliar.

Seperti ditulis SidomiNews sebelumnya, jika kabar Facebook akan melakukan Penawaran Umum Perdana telah direncanakan pada Desember tahun lalu. Mark Zuckerberg akan melepaskan saham Facebook sekitar 10 % yang akan dilempar ke publik.

Facebook berharap, dengan IPO ini maka akan memerkuat amunisi finansial. Diharapkan dana yang akan mengalir ke Facebook hingga USD 10 miliar. Jika IPO ini berhasil, maka Facebook akan menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan nilai terbesar yakni USD 100 miliar.

Hingga saat ini Facebook sepertinya tak memiliki pilihan lain untuk mendapatkan dana selain dari IPO. Laporan keuangan Facebook selama ini memang dirilis tanpa adanya IPO.

Dewan direksi menyadari jika perusahaan akan terus merugi jika situasi berlanjut seperti ini. Maka langkah IPO diambil dengan melempar saham untuk ditawarkan ke publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda