Scroll to Top

Menanti “Sambutan” Publik Anfield Pada Patrice Evra

By Wan Faizal / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Liverpool 1-1 Man. United

Masalah rasis kembali akan menemani perjalanan putaran keempat FA Cup malam nanti. Setelah kasus John Terry dan Anton Ferdinand, ada juga kasus serupa yang melibatkan Patrice Evra sebagai korban dan Luis Suarez sebagai tersangka.

Ya, Evra menjadi korban perkataan rasis yang “tidak sengaja” diucapkan oleh Suarez saat Liverpool bertemu dengan Manchester United di pertemuan pertama Premier League musim ini di Stadion Anfield.

Dan malam nanti, Evra akan kembali ke Anfield saat United menantang Liverpool dalam putaran keempat FA Cup. Meski tidak ada nama Suarez yang harus absen lantaran kasus ini, Evra akan berhadapan dengan musuh baru yang lebih besar yang tentunya siap “menggantikan” posisi Suarez, yakni Liverpuldlian yang akan memadati setiap sudut Anfield.

Teriakan dan caci maki mungkin akan nyaring terdengar kala Evra mendapatkan bola. Maklum saja, fans Liverpool cukup geram lantaran kasus ini yang membuat Suarez dihukum tak boleh tampil dalam delapan pertandingan.

Sir Alex Ferguson tentu harus pintar-pintar memotivasi Evra agar tak terpengaruh oleh siulan dan ejekan dari fans Liverpool. Mencadangkan Evra pun sepertinya juga akan sulit mengingat tak ada bek kiri lagi yang bisa melapis posisi Evra.

Mengetahui potensi hinaan yang akan muncul dalam pertandingan malam nanti, Kenny Dalglish selaku manajer Liverpool meminta fans untuk lebih berkonsentrasi ke pertandingan dan mendukung perjuangan Charlie Adam dkk daripada mengurusi Evra.

“Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik klub masing-masing. Dan setiap orang juga harus bisa menjaga perkataan agar tidak menimbulkan masalah lagi,” kata Dalglish.

“Namun itu tak hanya bagi para fans, tapi juga kami sebagai tim. Jadi, mari kita hanya berkonsentrasi ke pertandingan saja,” pintanya.

Liverpool tentu tak ingin ada kejadian rasis lagi di Anfield. Untuk diketahui, setelah insiden Suarez dan Evra, ada lagi kasus rasis yang terjadi di stadion bersejarah tersebut. Yakni ketika Liverpool menang 5-1 atas Oldham di putaran ketiga FA Cup, awal tahun ini.

Liverpool 5-1 Oldham

Saat itu, sejumlah fans Liverpool meneriakkan perkataan rasis pada pemain Oldham, Tom Adeyemi, setiap ia membawa bola. Pertandingan sempat dihentikan karena Adeyemi tak mau melanjutkan pertandingan. Para pemain lain, termasuk pemain Liverpool dan juga wasit, pun akhirnya membujuk dan menenangkan Adeyemi agar mau melanjutkan permainan.

“Fans dari kedua tim harus bisa memastikan mereka hanya berkonstrasi pada pertandingan, bukan pada hal yang lain,” tegas Fergie.

Well, meski manajer dari kedua tim telah turun tangan meminta fans untuk tidak membalas kelakuan Evra, hal itu sepertinya tidak akan menyurutkan potensi adanya “sambutan” yang akan diberikan pada Evra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda