Scroll to Top

Rapidshare, HotFile, dan 4Shared Kebanjiran Visitor Pasca Ditutupnya Megaupload

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Rapidshare, HotFile, dan 4Shared banjir visitorVisitor dan fans setia Megaupload nampaknya telah berpaling ke ‘lain hati’. Pasca dibredelnya situs tersebut oleh Department of Justice dan FBI, mereka berbondong-bendong menyerbu tiga situs berbagi berkas terbesar pesaing Megaupload: Rapidshare, HotFile, dan 4Shared.

Di nama terakhir, 4Shared, terhembus sebuah kabar jika situs ini sempat dalam investigasi oleh FBI. Masih terkait dengan kasus yang sama dengan Megaupload, terpentok dengan Rancangan Undang-undang (RUU) Stop Online Privacy Act dan Protect IP Act atau dikenal dengan istilah SOPA dan PIPA.

Rapidshare, HotFile, dan 4Shared kebanjiran durian runtuh setelah Kim Dotcom ditangkap. Taipan piracy hosting ini tengah menghadapi sidang pengadilan ekstradisi ke Amerika Serikat (AS). Ia diduga kuat menghadapi dakwaan pencucian uang, pembajakan, dan pelanggaran hak cipta.

Lonjakan di tiga situs berbagi berkas tersebut sepertinya menjadi tamparan bagi Megaupload. Betapa tidak, tiga-tiganya secara eksplisit adalah situs yang serupa serta senada dengan Megaupload. Namun mengapa hanya Kim Dotcom yang harus dibui?

“Kasus ini memiliki dampak negatif yang besar pada layanan penyimpanan file dan internet secara keseluruhan,” kata juru bicara 4Shared pada Telegraph dan dikutip SidomiNews.

Sejatinya Megaupload meski didakwa sebagai pihak yang bertanggung jawab atas merebaknya berkas ‘haram’ di internet, situs ini kerap mendapatkan dukungan dari kalangan selebritis.

Artis dukung Megaupload

Sebut saja Kanye West dan Alicia Keys yang tak menutup mata. Dan bahkan perusahaan film dan rekaman mengatakan, jika tujuh tahun keberadaan situs file sharing telah membuat keberuntungan dari pekerjaan mereka tanpa harus membayar mereka (Megaupload) sepeser pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda