Scroll to Top

Ahn Jung Hwan, Pesepakbola Kebanggaan Korsel, Pensiun

By Aditya / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Ahn Jung Hwan

Ahn Jung Hwan, salah seorang pesepakbola berbakat yang dimiliki Korea Selatan (Korsel), memutuskan untuk mengakhiri karir sepakbola profesionalnya alias gantung sepatu. Terakhir, pemain Asia yang pernah merumput di Eropa ini bermain di Liga Super Cina bersama Dalian Shide.

Ahn Jung Hwan sempat bimbang apakah ingin tetap lanjut bermain bola atau pensiun. Namun, akhirnya ia menetapkan pilihan untuk berhenti dari dunia bola yang telah membesarkan namanya. Lagipula, pada 27 Januari 2012 kemarin, pemegang 71 caps untuk timnas Korsel ini genap berusia 36 tahun, umur yang sudah tidak muda lagi bagi seorang pesepakbola profesional.

Keputusan pensiun pemain Korsel yang sempat dibenci publik Italia karena golnya ke gawang Gianluigi Buffon mengakibatkan terdepaknya Italia dari putaran final Piala Dunia 2002 ini disampaikan oleh Moro Sports Korea, agen yang menaungi Ahn Jung Hwan.

”Ahn (Jung Hwan) kembali dari Dalian Shide di Liga Super Cina pada tahun ini, dan dia bimbang antara melanjutkan kariernya atau pensiun. Dia akhirnya memutuskan bahwa yang terbaik untuknya adalah mengakhiri kariernya pada titik ini,” jelas siaran pers Moro Sports Korea seperti dikutip dari Yonhap, Sabtu (28/1).

Bagi publik Korsel, prestasi Ahn Jung Hwan sangat membanggakan. Memulai karir di klub lokal Busan Daewoo Royals, pada 1999 ia terpilih sebagai pemain terbaik K-League. Tahun 2000, Ahn Jung Hwan memulai petualangan barunya di Eropa, tepatnya bersama Perugia yang saat itu berlaga di Liga Italia Seri A.

Di Perugia, Ahn Jung Hwan tampil cukup cemerlang. Namun, setelah gol emasnya menyingkirkan Italia di Piala Dunia 2002, ia menjadi orang yang paling dibenci oleh publik Italia. Sejak itulah Ahn Jung Hwan kemudian berganti-ganti klub hingga memutuskan pensiun di hari ulang tahunnya yang ke-36 pada awal tahun 2012 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda