Scroll to Top

Sembari Jalan-Jalan, Jaga Lingkungan Plus Dapat Hadiah

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Kalau berkunjung ke tempat wisata yang bersih pasti memiliki kesan indah. Tidak banyak sampah berserakan yang mengganggu pemandangan. Kadang pelancong malas membawa sampahnya hingga ke tong sampah terdekat. Bisa pula, tempat sampah yang jumlahnya minim, menyebabkan mereka membuang sampah sembarangan.

ilustrasi reverse-vending-machine

Namun, sekarang ada cara baru membuang sampah yang lebih mengasyikkan. Danon Aqua bekerja sama dengan Indonesia Business Links (IBL) mengajak Anda untuk lebih menjaga lingkungan dengan mesin sampah Reverse Vending Machine (RVM). Ini bukan “tong sampah” sembarangan. Setiap sampah yang dimasukkan, terbatas pada sampah botol plastik dan kaleng, secara otomatis diolah menjadi biji plastik dan biji kaleng. Dengan begitu, Anda sudah turut menjaga lingkungan sekaligus membantu proses daur ulang sampah. Asyiknya lagi, setiap sampah yang Anda “sumbangkan” akan diberi reward sesuai lokasi penempatan.

Untuk mengawali, mesin sampah ini dipertontonkan di Monas. Selain mengedukasi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, mereka juga akan diberikan voucher tiket masuk menuju puncak Monas. Dikutip National Geographic, penyelenggara menjadikan momen ini untuk mengampanyekan program Gemar Membuang Sampah (Gemas). Selain sampah tidak berserakan, outputnya bisa dipakai untuk bahan baku produksi.

“Kita mengambil pendekatan yang terbalik, biasanya orang membuang sampah sembarangan akan dihukum, tapi sepertinya sistem itu ngga mempan. Kita coba dibalik, orang buang sampah kita kasih reward (hadiah),” ujar Yanti Triwadiantini, Executive Director IBL.

Harga mesin ini cukup mahal. Per unitnya mencapai lebih dari Rp 100 juta. Kalau di Eropa, RVM diletakkan di dekat penjual minuman. Setelah menaruh sampahnya, mereka mendapat voucher belanja di swalayan yang telah bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda