Scroll to Top

Menyaksikan Keindahan Aurora di Langit Norwegia

By C Novita / Published on Sunday, 29 Jan 2012

Badai matahari yang terjadi belakangan ini ternyata malah menimbulkan berbagai pemandangan menarik di atas langit Norwegia, Islandia, bahkan juga Inggris.

Pemandangan berupa cahaya berwarna hijau dengan berbagai pola di atas langit atau dikenal dengan aurora borealis itu dapat disaksikan dengan jelas menggunakan mata telanjang kala malam tiba.

Berbagai pola aurora berukuran besar dan spektakuler itu merupakan dampak dari adanya badai matahari terbesar yang terjadi 6 tahun belakangan.

Partikel dari badai matahari yang menabrak atmosfer bumi menimbulkan berbagai cahaya yang luar biasa indahnya di atas langit bumi.

Jika biasanya aurora hanya terlihat di daerah dekat kutub saja, kali ini merupakan perkecualian sebab aurora borealis ini juga bahkan terlihat sampai ke Inggris.

Dirilis Dailymail (28/01), badai matahari kali ini adalah yang terkuat sejak Mei 2005, berkecepatan 93 juta mil per jam.

Radiasi yang ditimbulkannya pun luar biasa dan berpengaruh terhadap aliran listrik dan sinyal berbagai peralatan telekomunikasi. Bahkan, pada tahun 1989 terjadi blackout, atau kegelapan karena aliran listrik tidak dapat terjadi di kota Quebec, AS, sebab badai matahari hebat yang terjadi.

Bagaimana pun, tetap saja keindahan aurora di langit bumi tidak ada yang menandingi. Kekuatan alam memang menakjubkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda