Share

Ruspita Sari Siahaan, gadis cilik yang kini berusia 13 tahun ini memang sedang menjadi sorotan media. Bagaimana tidak, di usianya yang masih 13 tahun, ia sudah berani kabur dari rumah orang tua nya, tak tanggung-tanggung, ia kabur ke Sorong, Papua Barat.

Vita dan Ibu Maya

Pertemuan dengan Ibu Lily, ibu kandung Ruspita, masih menyebabkan kesedihan yang luar biasa bagi sang ibu dan ayah kandungnya, Edison Siahaan.

Sampai saat ini bintang iklan Mie Gelas ini tak mau mampir atau sekedar berkunjung ke rumah orang tuanya di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.

Ia memilih untuk sementara tinggal di rumah ibu angkatnya, Maya, di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dan akan kembali ke Sorong, Papua Barat untuk melanjutkan sekolah.

Tak heran kasus ini menyita perhatian Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Arist turun langsung mendatangi keluarga orang tua kandung Vita di Jalan Mangga, Cipayung, Jakarta Timur.

Dari percakapan dengan ibu Lily, Arist menyimpulkan bahwa Vita memiliki obsesi untuk menjadi bintang terkenal. Padahal selama ini Vita hanyalah bintang figuran, dan penghasilannya tidak seberapa, jadi Vita bukan sebagai tulang punggung keluarga.

Ayah Vita yang bekerja sebagai buruh bengkel kasur pegas dan kakaknya sebagai operator warnet menjadi tulang punggung keluarga.

Bahkan menurut Arist, demi mewujudkan obsesinya itu, Vita mengklaim menjadi anak angkat seseorang yang lebih mapan.

Sampai saat ini, pemeriksaan masih terus dilakukan oleh pihak yang berwajib tentang kaburnya Vita. Diduga Vita tak merencanakan ini sendirian. Bagaimana mungkin anak usia 13 tahun berani kabur ke Sorong, Papua?

Memang Vita mengaku ingin melanjutkan sekolah dan kuliah sampai S1 di Sorong. Anehnya, mengapa di Sorong? Bukankah jauh lebih banyak sekolah dan universitas terkemuka di Jakarta dan Sekitarnya?

Akibat ulahnya kabur dari rumah, kini ayah Vita tampak seperti orang bingung, seakan tak percaya bahwa anak kandungnya sendiri tega meninggalkan keluarganya.