Scroll to Top

Persib vs Persija 1-0: Berkat Penalti Kontroversial Miljan Radovic

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 29 Jan 2012

El Clasico Indonesia. Demikian yang dilabelkan dalam duel Persib Bandung vs Persija. Kedua tim dengan persaingan kental dari tahun ke tahun, bertempur untuk merangsek ke papan atas klasemen. Konon, lebih dari 35000 penonton memadati Si Jalak Harupat dan masih ada ribuan lagi yang berada di luar stadion, tak bisa menyaksikan bigmatch ISL ini.

Persib vs Persija 1-0

Persib unggul terlebih dahulu melalui sepakan penalti Miljan Radovic di menit 16. Penunjukan titik putih oleh wasit Ole Hadi sendiri cukup kontroversial karena bola sodoran Atep sebenarnya tidak membentur tangan Amarzukih.

Radovic, gelandang pencetak gol terbanyak Persib ini sukses mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Andritany Ardhiyasa yang sebenarnya sudah tepat membaca arah tembakan. Unggul 1-0, bobotoh berpesta sehingga asap petasan memenuhi stadion.

Tertinggal 1-0, Persija tampil lebih menekan. Namun, pertahanan rapi yang dibangun oleh Persib membuat bola lebih banyak mengalir di lapangan tengah saja. Hingga 45 menit pertama, Maung Bandung sukses mengamankan skor.

Pertandingan sempat terhenti sebelum kick-off babak kedua oleh aksi bobotoh yang meluber hingga pinggir lapangan. Setelah memastikan bahwa kehadiran mereka tidak mengganggu jalannya pertandingan, wasit kembali memulai laga.

Babak kedua sendiri lebih didominasi Persija ISL. Serangan demi serangan yang mereka lancarkan mentok oleh kegemilangan kiper Jendri Pitoy. Termasuk aksi Rudi ‘Bogel’ Setiawan di menit 77.

Skor tidak berubah hingga laga berakhir. Dengan kemenangan ini, Persib mencatatkan rekor tak terkalahkan di kandang sendiri. Posisi mereka melesat ke peringkat empat dengan 18 angka. Mereka terpaut 5 angka dari Persipura yang sama-sama melakoni 10 laga.

Sementara itu, Persija memang kalah. Namun, posisi mereka di klasemen bisa saja berubah dengan drastis. Mengingat, mereka baru melakoni 7 laga atau yang paling sedikit di antara peserta ISL lain. Apa lagi Persija adalah satu-satunya tim di ISL sejauh ini yang mampu menang 3 kali di laga tandang.

Persib: Jendri Pitoy; Zulkifli Syukur, Jajang Sukmara, Maman Abdurrahman,  Abanda Herman ; Tony Sucipto, Hariono, Atep (Hendra Ridwan ’90), Miljan Radovic, M. Ilham ; Moses Sakyi (Budiawan ’88).

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Hasyim Kipuw, Fabiano Beltrame, Precious Emuejeraye ; Amarzukih, Robertino Pugiara, Johan Juansyah (Rahmat Affandi ’58), Octavianus (Rudi Setiawan ’72); Bambang Pamungkas, Pedro Javier.

Sumber gambar: Persibholic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda