Scroll to Top

Arsenal vs Aston Villa 3-2: Kemenangan yang Dramatis

By Wan Faizal / Published on Monday, 30 Jan 2012

Arsenal akhirnya mampu meraup kemenangan dalam laga putaran keempat FA Cup melawan Aston Villa. The Gunners mampu menundukkan The Villans dengan skor 3-2, Minggu (29/1) malam WIB.

Tuan rumah memulai laga dengan baik. Aaron Ramsey membuka peluang di menit keempat. Tendangannya masih mampu ditangkap dengan mudah oleh Shay Given.

Di menit 13, Theo Walcott memperoleh kesempatan. Namun gagal karena penyelesaian akhirnya yang cukup buruk. Sementara serangan yang dibangun Villa juga tidak ada yang cukup membahayakan gawang Lukasz Fabianski.

Richard Dunne's goal

Skor berubah di menit 33. Sebuah umpan crossing dari Robbie Keane menuju tiang jauh dan mampu ditanduk dengan sempurna oleh Richard Dunne, dan membuat Fabianski tak berkutik. 0-1 untuk tim tamu.

Tertinggal satu gol membuat Arsenal tampil lebih menyerang. Namun Villa juga terus melancarkan serangan ke gawang Arsenal guna merobohkan mental pasukan Arsene Wenger.

Darren Bent's goal

Usaha itu terbukti jelang babak pertama berakhir. Darren Bent yang lolos dari kawalan bek Arsenal mampu berhadapan langsung dengan Fabianski. Kiper asal Polandia itu memang mampu menepis usaha pertama Bent, namun tidak dengan bola muntah yang dieksekusi lagi oleh Bent.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-2 dan membuat seisi Stadion Emirates tampak kecewa, terutama pada Wenger yang memang sejak kekalahan dari Manchester United pekan lalu terus dicerca oleh para fans Arsenal.

Tapi, bukan Wenger namanya jika menyerah begitu saja. Entah apa yang ia katakan pada para pemainnya di ruang ganti, yang pasti Arsenal jauh bermain lebih baik di babak kedua.

Setelah sepakan Ramsey dan Thomas Vermaelen tak menemui hasil, Arsenal benar-benar bisa menipiskan skor di menit 54.

Robin van Persie's goal

Gol tercipta dari tendangan penalti Robin van Persie. Penalti diberikan wasit setelah Ramsey dijatuhkan Dunne di kotak terlarang. Skor menjadi 1-2.

Arsenal tampil semakin beringas setelahnya. Dan hasilnya? Skor kembali berubah dua menit berselang. Adalah Walcott dengan aksi individunya mampu memecah pertahanan Villa. Bola sepakannya sempat dihadang Given, namun halauan dari Alan Hutton malah mengenai tubuh Walcott dan bola meluncur masuk ke gawang.

Theo Walcott's celebration

Drama terjadi beberapa menit setelah gol Walcott, tepatnya di menit 61. Bent menjadi sosok yang pantas disebut sebagai From Hero to Zero.

Robin van Persie's goal

Akselerasi Laurent Koscielny yang membawa bola dari lini belakang harus dihentikan secara ilegal oleh Bent di dalam kotak penalti Villa. Wasit menunjuk titik putih, dan sekali lagi Van Persie mampu menunaikan tugasnya dengan baik. Arsenal berbalik unggul 3-2.

Van Persie dkk benar-benar menguasai jalannya babak kedua. Berdasar statistik, Arsenal memenangi ball possessions sebanyak 89% dari menit 46 hingga menit 65. Wow!

Tak ingin tersingkir, Villa mulai lagi menyusun serangan. Beberapa kali usaha Bent, Stephen Ireland, dan Stilian Petrov tak mampu membuahkan hasil.

Publik Emirates bergemuruh di menit 89. Bukan karena gol keempat Arsenal, melainkan menyambut kembali bermainnya Bacary Sagna setelah menderita cedera sejak Oktober 2011 silam.

Dengan kemenangan ini, Arsenal sukses melaju ke babak berikutnya dan akan menghadapi pemenang antara Sunderland atau Middlesbrough yang harus menjalani laga replay akibat hanya mampu bermain imbang 1-1.

Data Pertandingan:

Arsenal 3-2 Aston Villa (Van Persie 54’-pen, 61’-pen, Walcott 56’ / Dunne 33’, Bent 45’)

Arsenal

Aston Villa

No.

Player

YC

RC

No.

Player

YC

RC

21. Lukasz Fabianski 1. Shay Given
39. Francis Coquelin 2. Alan Hutton
4. Per Mertesacker 5. Richard Dunne 44’
6. Laurent Koscielny 80’ 24. Carlos Cuellar
5. Thomas Vermaelen 3. Stephen Warnock
17. Alex Song 21. Ciaran Clark
7. Tomas Rosicky (71’) 19. Stilian Petrov (82’)
16. Aaron Ramsey 7. Stephen Ireland
15. Alex Oxlade-Chamberlain (89’) 11. Gabriel Agbonlahor (71’)
14. Theo Walcott (89’) 20. Robbie Keane
10. Robin van Persie 9. Darren Bent

Substitutes

Substitutes

13. Wojciech Szczesny 22. Brad Guzan
3. Bacary Sagna (89’) 30. Eric Lichaj
8. Mikel Arteta (71’) 32. Nathan Baker
30. Yossi Benayoun 25. Barry Bannan (82’)
23. Andrey Arshavin 38. Gary Gardner (71′)
12. Thierry Henry (89’) 26. Andreas Weimann
9. Park Chu Young 18. Emile Heskey

Manager

Manager

Arsene Wenger Alex McLeish

Hasil FA Cup lainnya, Minggu (29/1):

Sunderland 1-1 Middlesbrough (Campbell 59′ / Robson 16′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda