Scroll to Top

Piala Dunia Wanita Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Jun 2011

Piala Dunia Wanita 2011 tengah digelar di Jerman. 16 tim berebut untuk bisa memboyong piala yang diselenggarakan empat tahun sekali. Sebagai pemanasan, kita akan melihat rekor-rekor yang pernah terjadi dalam turnamen ini.

Piala Dunia Wanita baru digelar pada 1991. Jika dibandingkan dengan Piala Dunia pria yang pertama kali diselenggarakan pada 1930, ada jarak lebih dari 60 tahun. Uniknya, jika Piala Dunia pria pertama diselenggarakan di tanah Amerika (Uruguay), Piala Dunia 1991 dilaksanakan di Negeri Tirai Bambu, Cina. Pada Piala Dunia 1991 ini, hanya ada 12 tim yang berlaga.

 

Tuan Rumah

Selanjutnya, berturut-turut Piala Dunia diselenggarakan oleh tuan rumah berikut: Swedia (1995), Amerika Serikat (1999 dan 2003), lalu sekali lagi Cina pada 2007. Tercatat, hanya Amerika Serikat yang berhasil memenangi Piala Dunia di kandangnya sendiri pada 1999. Selebihnya, para tuan rumah biasanya tersingkir pada babak awal atau pada semifinal.

 

Juara Terbanyak

Untuk juara terbanyak, Jerman dan Amerika Serikat masing-masing telah memenangi dua kali Piala Dunia. Jerman melakukannya bahkan dalam dua turnamen terakhir, yaitu 2003 dan 2007. Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia 1991 dan 1999. Satu gelar juara dunia lain jatuh pada Swedia pada 1995.

 

Top Skorer

Urusan top skorer sepanjang masa, nama Birgit Prinz (Jerman) tercatat sebagai yang pertama dengan torehan 14 gol. Ia diikuti oleh Michelle Akers (Amerika Serikat) dengan 12 gol dan Sun Wen (Cina) plus Bettina Wiegmann (Jerman) yang sama-sama mencetak 11 gol.

 

Rekor

Sementara itu, Kristine Lilly tercatat sebagai pemain yang selalu bermain dalam lima Piala Dunia yang diselenggarakan sejak 1991. Lilly tercatat sebagai satu-satunya wanita yang bisa berbuat demikian. Jika dibandingkan dengan Piala Dunia pria, ada nama Lothar Matthaeus (Jerman) dan Antonio Carbajal (Meksiko) yang pernah tampil dalam 5 kali Piala Dunia.

Terakhir, Piala Dunia 2011 ini menjadi Piala Duna terakhir yang menggunakan format 16 tim. Pada Piala Dunia 2015 di Kanada empat tahun lagi, FIFA berencana menambah kuota menjadi 24 tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda