Scroll to Top

Jangan Lupa Ngemil Tiap Hari

By Ilham Choirul / Published on Monday, 30 Jan 2012

ngemil

Seringkali pekerjaan menuntun seseorang untuk konsentrasi berjam-jam. Hingga akhirnya, dia lupa jika organ tubuh perlu asupan untuk menyuplai energi mau pun nutrisi demi kesehatan. Misalnya, ngemil. Meski terdengar kurang penting, sebenarnya ngemil menjadi aktivitas penting buat Anda.

Makan tiga kali sehari mungkin menjadi wajib bagi Anda. Tapi, sempatkan pula untuk ngemil pada jeda antara dua waktu makan. Dikutip dari Times of India, ada beberapa manfaat ngemil.

  • Dengan ngemil, Anda bisa mengatur porsi saat menjalani sesi makan selanjutnya. Karena, ngemil makanan membuat perut Anda tidak terlalu kelaparan. Dengan begitu, Anda lebih mudah mengatur porsi makan berat. Langkah ini tepat pula buat Anda yang sedang menjalani diet.
  • Jangan asal ngemil, tapi carilah cemilan sehat yang bisa mengatur kadar gula. Ngemil biasanya memicu kenaikan gula darah untuk diubah menjadi energi. Jadi jangan kebanyakan pula saat makan cemilan. Bagi penderita diabetes, hal ini perlu mendapat perhatian lebih.
  • Cemilan membuat Anda tidak mudah lemas. Anda akan mendapatkan energi secara kontinyu dari makan berat dan cemilan. Dengan porsi kecil, cemilan lebih cepat dicerna dan membantu mempercepat metabolisme. Lemasnya tubuh Anda saat kerja siang hari boleh jadi karena kurangnya energi.
  • Hindari makanan junk food sebagai cemilan. Misanya¬† keripik, kentang goreng, atau kue. Kalorinya cukup besar. Sebagai gantinya, makanlah yoghurt, buah, salad, atau makanan dari biji gandum utuh yang memiliki serat sekaligus bisa menyediakan energi bagi tubuh.
  • Nah, kalau buat anak-anak, cemilan sehat bisa memberikan stimulasi bagi sistem kekebalan tubuh. Berikan mereka cemilan yang rendah lemak dan kalori agar tidak membebani tubuh. Kurangi memberikan makanan manis. Jus, buah, salad, kacang, dan cemilan sehat lainnya bisa diberikan agar sekaligus membiasakan mereka mengonsumsi berbagai makanan sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda