Scroll to Top

Suri: Maskot Copa America 2011

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Jun 2011

Sebuah turnamen sepakbola senantiasa lekat dengan maskotnya. Kita masih ingat dengan Ato, Nik, dan Kaz dalam Piala Dunia 2002 atau Goleo si singa di Piala Dunia 2006. Kita mungkin malah memiliki koleksi Jabulani si macan tutul maskot Piala Dunia 2010. Nah, Copa America 2011 juga demikian. Turnamen empat tahunan yang diselenggarakan untuk tim-tim zona CONMEBOL ini sudah menyiapkan Suri.

Suri adalah jenis burung yang mirip dengan burung unta. Maskot ini begitu simpel. Suri yang terlihat lucu dan polos cukup mengenakan sepatu sepakbola dan seragam timnas Argentina saja. Tidak ada hal-hal lain yang mungkin akan membuatnya terlihat lebih wah.

Pemilihan Suri sebagai maskot Copa America 2011 sendiri ditanggapi dingin oleh beberapa kalangan. Ada yang menilai betapa mengerikannya mata besar dan leher jenjang sang maskot. Ada pula yang berkelakar, jangan-jangan nama Suri terinspirasi dari nama anak Tom Cruise dan Katie Holmes, Suri Cruise. Padahal, nama Suri adalah sebutan untuk burung onta dalam bahasa Quechua yang dipakai di Peru dan Bolivia.

Kita lihat saja, apakah pemilihan Suri sebagai maskot turut membawa nasib lain bagi Argentina selaku tuan rumah. Kita ingat, dalam Piala Dunia 1982, Spanyol memakai maskot Naranjito yang sangat sederhana. Ajaibnya, penampilan Spanyol dalam turnamen itu “sesederhana” maskotnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda