Scroll to Top

Real Madrid Musim 2003/2004 Unggul 8 Poin Gagal Juara La Liga

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 30 Jan 2012

Cukupkah keunggulan 7 angka Real Madrid atas Barcelona saat ini menjamin bahwa gelar juara La Liga akan jatuh ke Santiago Bernabeu? Saat ini, sepertinya berjalan mulus. Los Blancos hampir selalu menaklukkan lawan-lawannya di La Liga. Kekalahan hanya sekali diderita dari Barcelona sejak akhir September.

Real Madrid

Namun, bukan berarti keajaiban tidak akan terjadi. Kebetulan Los Blancos memiliki sejarah buruk untuk urusan terkejar meski sudah unggul sekian angka. Hal ini terjadi pada musim 2003/2004.

Saat itu, Real Madrid bahkan berhasil unggul 8 angka dari Valencia hingga bulan Februari 2004. Namun, di akhir liga, Los Che yang saat itu diarsiteki Rafael Benitez mengubur mimpi Los Blancos.

Kala itu, mirip seperti saat ini, Real Madrid begitu perkasa. Mereka hanya kalah 3 kali hingga pekan ke-28. Namun, dalam 10 pertandingan terakhir, kiamat seperti melanda pasukan Carlos Queiroz, pelatih yang sama seperti Jose Mourinho, berasal dari Portugal. Mereka cuma tiga kali menang dan 7 kali kalah. Bahkan sejak pekan ke-34, Madrid selalu kalah.

Akhirnya, prestasi Los Blancos musim itu begitu mengerikan. Dari peringkat pertama dengan perbedaan 8 angka, Madrid justru finish di peringkat empat dengan 10 kekalahan. Dalam interval 10 pekan saja, Valencia mampu mereduksi defisit 8 poin. Bahkan, di akhir kompetisi, margin Valencia dengan Real Madrid mencapai 7. Artinya, sepanjang 10 laga, Valencia mampu meraih 15 angka lebih banyak daripada Los Blancos.

Uniknya, kalau Real Madrid pernah meraih hasil buruk dengan keunggulan yang begitu masif, Barcelona malah sebaliknya. Musim 1991/1992, Barcelona sudah tertinggal 8 angka dari pemuncak klasemen. Namun, di akhir liga, El Barca yang saat itu berjuluk The Dream Team sukses memboyong gelar juara.

Maka, siapakah yang bisa melewati sejarah musim ini? Real Madrid yang mengibaskan sejarah kelabu mereka, ataukah Barcelona yang sukses mengulang prestasi juara meski defisit sekian poin?

Sumber: AS/wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda