Scroll to Top

Dua Remaja Dilarang Masuk Amerika Gara-Gara Tweet “Destroying America”

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Tuesday, 31 Jan 2012

leigh bryan twitter emily bunting

Apes, mungkin kata itu yang tepat ditujukan pada dua remaja Inggris, Leigh Van Bryan dan Emily Bunting. Mereka dilarang memasuki wilayah Negara Amerika, hanya gara-gara memposting tulisan yang mereka anggap sebagai bahan becandaan di Twitter. Liburan indah yang mereka rencanakan saat  mengunjungi Amerika, berubah menjadi kurungan dalam penjara.

leigh bryan tweet

Hal itu dikarenakan Leigh memposting kata “Destroying America” dalam tweetnya. Kata yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi “menghancurkan Amerika” itu, menjadi perhatian serius oleh agen khusus Amerika pemantau Twitter. Tidak hanya itu, Leigh juga memposting tulisan “akan menggali Marilyn Monroe”.

Alhasil, saat tiba di bandara Internasional Los Angeles, mereka dijemput oleh pasukan polisi antiteror Amerika. Dibawah pengawasan petugas bersenjata, mereka diinterogasi selama lima jam, dan kemudian diborgol.

Setelah menjalani interogasi, mereka dimasukkan dalam sebuah van bersama para imigran gelap menuju ke rumah tahanan. Leigh berada dalam sel yang dihuni pula oleh pengedar narkoba asal Meksiko.

Penjagaan terhadap Leigh sangat ketat. Department of Homeland Security menandai Leigh dan Emily sebagai pasangan ancaman potensial bagi keamanan Amerika, setelah Leigh memposting tweetnya untuk para teman, menjelang perjalanan liburannya di Amerika. Setelah mendekam sehari di penjara, Leigh dan Emily diantar ke bandara untuk kembali ke Inggris.

“Para agen keamanan dalam negeri itu memperlakukan aku seperti seorang teroris. Padahal, aku terus mengatakan kepada mereka bahwa kata “destroying” yang dimaksudkan adalah bahasa slang di Inggris untuk berpesta,” kata Leigh.

Menurut Emily, mereka tidak diizinkan oleh petugas keamanan untuk masuk ke Amerika karena dampak Tweet milik Leigh. Pihak departemen dalam negeri Amerika menolak memberikan komentar atas kasus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda