Scroll to Top

Valeri Bojinov Akhirnya “Mudik” ke Lecce

By Aditya / Published on Tuesday, 31 Jan 2012

Valeri Bojinov Kembali ke Lecce

Valeri Bojinov akhirnya berlabuh ke Lecce setelah dilepas oleh klub Portugal, Sporting Lisbon dengan status pinjaman. Penyerang asal Bulgaria itu memang mengawali karirnya di Italia bersama Lecce tahun 2000 silam. Kini, 12 tahun kemudian, si anak hilang itu sudah kembali ke rumah.

Sporting Lisbon bersedia melepas Valeri Bojinov lantaran sang pemain dianggap gagal beradaptasi dengan tim. Di klub raksasa Portugal itu, pemain kelahiran 15 Februari 1986 ini hanya dimainkan sebanyak 8 kali dan cuma menorehkan 2 gol.

Kekesalan Sporting Lisbon terhadap penyerang berusia 25 tahun itu mencapai puncaknya ketika Valeri Bojinov gagal mengeksekusi penalti saat melawan Sporting Braga belum lama ini. Dampaknya fatal, sang pemain langsung dimasukkan ke daftar transfer.

Namun, tak lama, Valeri Bojinov sudah kebanjiran tawaran. Adalah Lecce dan Fiorentina, dua klub Italia yang pernah dibelanya, berada di garis terdepan untuk mendapatkan Valeri Bojinov. Belum lagi tawaran dari sejumlah klub Eropa lainnya.

Valeri Bojinov mungkin sudah kangen “rumah”. Ia langsung menunjuk Lecce sebagai pilihannya. Ya, Lecce memang menjadi klub Italia yang telah membesarkannya. Tahun 2000, Valeri Bojinov yang saat itu baru berusia 14 tahun, direkrut oleh Lecce dari klub Malta, Pieta Hotspurs.

Tanggal 22 Januari 2002, Valeri Bojinov memulai debut profesionalnya di Lecce pada usia menjelang 16 tahun. Selama 2002-2005, ia telah mencetak 19 gol. Setelah itu, ia memutuskan untuk mengarungi Serie A dengan membela sejumlah klub, dari Fiorentina, Juventus, dan Parma setelah sebelumnya sempat bermain untuk Manchester City di Liga Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda