Scroll to Top

IBM Akan Ikut Fokus Mengembangkan OpenOffice

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 01 Feb 2012

Ada banyak macam aplikasi office suite yang bisa digunakan, Microsoft Office, OpenOffice, Lotus Symphony, iWork, dan sebagainya. Umumnya orang menggunakan Microsoft Office untuk melakukan kegiatan ini, namun harganya cukup mahal jika membeli yang asli. Alternatif lainnya adalah menggunakan office suite yang gratis, salah satunya adalah OpenOffice. OpenOffice sebagai aplikasi pengolah kata memiliki kemampuan yang cukup memadai Microsoft Office.

IBM Lotus Symphony

Dulu OpenOffice ditangani oleh Sun Microsystems sebelum mereka diakuisisi oleh Oracle. Nasib OpenOffice sendiri belum terlalu jelas karena tim pengembangnya malahan membuat fork dari OpenOffice yaitu LibreOffice. IBM sebagai salah satu perusahaan besar melihat potensi dari OpenOffice ini.

IBM sendiri akhirnya mengabaikan pengembangan office suite miliknya yaitu Lotus Symphony. IBM kini mengambil langkah yaitu berkontribusi pada pengembangan OpenOffice bersama dengan Apache Foundation, di mana IBM ikut memberikan fitur khas Lotus Symphony pada OpenOffice nanti, yaitu Symphony sidebar.

Meski begitu aplikasi OpenOffice dari IBM ini adalah versi khusus, di mana agak sedikit berbeda dari biasanya, bagaimana, tertarik menggunakan OpenOffice versi IBM ini nanti saat sudah dirilis? (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda