Scroll to Top

Guti: Messi Pemain Bintang, Ronaldo Tidak

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Jun 2011

Jose Maria Guttierez, mantan gelandang Real Madrid yang kini bermain untuk Besiktas, membuat pernyataan mengejutkan. Meskipun Guti adalah fans Madrid sejak kecil, ia berani berkata bahwa Cristiano Ronaldo, bintang Real Madrid dalam dua tahun terakhir, belumlah layak setingkat dengan Lionel Messi.

Guti menambhakn, seorang pemain bintang baru disebut bintang jika ia bisa tampil luar biasa dalam pertandingan-pertandingan penting. Guti menyebut Lionel Messi mampu melakukan hal tersebut sedangkan Ronaldo tidak.

Ucapan ini jelas mengundang kontroversi. Pasalnya, selama ini, Real Madrid dan Barcelona kerap bersaing di dalam dan di luar lapangan. Kita masih ingat bagaimana Jose Mourinho mengadukan Barcelona ke CAS. Sebaliknya, menanggapi perang urat syaraf Los Blancos, Presiden Barcelona, Sandro Rossel bahkan menyatakan Azulgrana siap putus hubungan dengan Real Madrid.

Namun, jika dilihat kebenarannya, Guti memang tepat. Untuk ukuran kontribusi kepada tim, Ronaldo jelas kalah dibanding Lionel Messi yang dalam tiga musim terakhir memberikan 10 gelar untuk Barcelona. Sementara itu, Ronaldo cuma bisa menyumbangkan gelar “kelas dua” seperti Copa del Rey.

Urusan menjadi top skorer La Liga, Messi memang kalah daripada Ronaldo yang bisa memborong 40 gol dalam semusim. Namun, Messi tercatat sebagai top skorer Liga Champions, ajang yang lebih bergengsi dan lebih berat, selama tiga musim berturut-turut sedangkan Ronaldo kurang bisa berkutik di sini.

Barangkali Guti tengah mengikuti jejak beberapa fans Madrid. Mereka ingin agar Madrid kembali ke persaingan juara tanpa perlu menambah embel-embel permusuhan luar lapangan dengan Barcelona. Urusan sepakbola biarlah diselesaikan di lapangan semata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda