Scroll to Top

Facebook Khawatirkan Pendapatan Iklan dari Perangkat Mobile

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 Feb 2012

Facebook AdsFacebook dikabarkan tengah was-was akibat pendapatan mereka yang cenderung menurun. Secara global pemasukan Facebook terus naik secara bertahap tiap tahunnya. Namun untuk pendapatan (iklan) dari perangkat mobile, pundi-pundi Facebook ditengarai menukik tajam.

CNET mengabarkan jika Facebook dalam beberapa kurun waktu ini tidak terlalu menghasilkan pemasukan yang berarti dari ranah mobile. Mungkin Facebook memang berhasil membenamkan aplikasinya di seluruh ranah ponsel, namun jika untuk iklan mereka sepertinya tak dapat berbuat apa-apa.

Read Write Web menulis jika pengguna Facebook yang mengakses jejaring sosial ini di perangkat bergerak telah menyentuh angka 425 juta jiwa. Ini hampir setengah dari total populasi Facebook yang konon telah menyentuh angka 800 juta jiwa.

Pada Desember 2011 masih menurut Read Write Web, pengguna Facebook di perangkat bergerak secara total telah mampu mengalahkan mereka yang kerap mengakses Facebook melalui personal computer.

Dan sepertinya Mark Zuckerberg dkk tak mampu memanfaatkan potensi pengguna mobile dalam soal iklan.

Masih menurut CNET, biaya penelitian dan pengembangan Facebook dari tahun ke tahun telah mengalami pembengkkan. Sebut saja di tahun 2008 dana yang disiapkan mencapai USD 87 juta. Pada tahun 2009 naik sebesar USD 144 juta. Dan di tahun 2010 menjadi USD 388 juta.

Apakah ini yang memutuskan Facebook untuk terjun ke IPO akan pembengkakkan biaya ini? Atau pembengkakkan biaya tersebut cenderung sia-sia sebab gagalnya Facebook dalam mengembangkan mobile ads? Mari kita tunggu kabar selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda