Scroll to Top

Robot Terbaru NASA Bisa Dikendalikan Dengan Xbox Kinect Dan Nintendo Wii

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Thursday, 02 Feb 2012

robot nasa

Pengembangan robot untuk membantu para ilmuwan melakukan penelitian di luar angkasa, terus dilakukan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration). Hal ini dilakukan agar robot tersebut dapat melakukan tugasnya secara maksimal saat mengeksplorasi ruang angkasa.

Agensi pemerintah Amerika yang bertanggungjawab terhadap program dan riset ruang angkasa ini, memiliki robot baru bernama All-Terrain Hex-Limbed Extra-Terrestrial Explorer (Athlete). Robot ini memiliki kaki yang dilengkapi dengan roda, yang dapat menyusuri permukaan benda angkasa, seperti bulan, planet, atau asteroid.

robot nasa 6 kaki

Kaki yang ada pada robot Athlete berjumlah enam buah, yang dapat berjalan di permukaan daratan bermedan kasar berbatu. Bila menemukan daratan berpasir, roda pada kaki robot Athlete akan dikunci sehingga bisa berjalan di pasir.

Hebatnya lagi, robot Athlete ini bisa mendaki dan menggali. Selain itu, robot ini dilengkapi dengan 12 ‘mata’, yang bisa memberikan gambaran akan permukaan daratan yang dijajakinya kepada para ilmuwan. Gambaran tersebut tersaji dalam bentuk tiga dimensi.

robot nasa kinect

Saat ini para ilmuwan NASA sedang mengembangkan penelitian agar robot Athlete bisa dikendalikan secara eksternal. Penelitian ini menggunakan kendali Xbox Kinect atau Nintendo Wii, yang sudah masuk tahap pengujian dan stimulasi.

Bila penelitian tersebut berhasil, peran robot Athlete akan memudahkan para ilmuwan NASA dalam melakukan penelitian. Sehingga, ilmuwan dapat mengkontrol robot Athlete melakukan tugasnya, melalui sebuah layar yang langsung terhubung dengan robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda