Scroll to Top

Virus Bisa Terdownload Hanya Dengan Membuka Email

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Thursday, 02 Feb 2012

Email Mengandung VirusKejahatan dunia maya tidak hanya melalui tawaran promosi yang menggiurkan. Semakin berkembang teknologi, kecanggihan para pelaku kriminal dunia maya juga semakin canggih. Seperti, serangan cyber baru melalui email yang akan menginfeksi PC komputer user, meski attachment email tersebut tidak dibuka oleh pengguna.

Virus email itu bekerja cukup canggih. Tanpa ada peringatan bagi pengguna dan hanya memunculkan pesan ‘loading’, virus yang tersimpan pada email itu secara otomatis akan langsung mendownload perangkat lunak berbahaya ke komputer user, dan akan langsung mengusai PC user.

Karenanya, pengguna internet saat ini harus berhati-hati. Menurut ahli keamanan komputer dari Eleven Research Team, email tersebut seperti spam dan sangat berbahaya. Saat melakukan browsing di internet, sebaiknya user tidak membuka attachment atau link yang tidak diketahui.

Serangan cyber melalui email yang dijuluki ‘drive by email’ ini, sudah terdeteksi oleh para ahli komputer, dan lebih berbahaya dibandingkan virus Trojan. Serangan Trojan biasanya akan menguasai PC komputer bila pengguna mengklik dokumen seperti PDF. Sedangkan ‘drive by email’ ini akan langsung mendownload dirinya sendiri meski tanpa perintah user.

Pakar Eleven Research Team mengatakan, virus ini merupakan malware yang terdiri atas HTML email, yang secara otomatis mendownload malware ketika email dibuka. Biasanya, serangan virus email tersebut muncul pada email dengan judul ‘Banking Security Update’.

Agar komputer Anda tetap aman dari serangan virus tersebut, sebaiknya user mengalihkan semua pengaturan keamanan di software email ke maksimum. Selain itu, perbaharui browser ke versi terbaru, sehingga terlindungi dari serangan perangkat lunak berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda