Scroll to Top

Facebook IPO: Terima Kasih Telah Membuat Kami Menjadi Jutawan

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Thursday, 02 Feb 2012

facebook ipo thank you

Perusahaan teknologi raksasa, Facebook, akan segera melakukan penawaran umum perdana (IPO). Mereka baru saja menyerahkan dokumen IPO yang akan menghasilkan USD 5 Milyar saat saham mulai diperdagangkan secara publik.

Angka fantastis itu memang sangat dinantikan oleh para pemimpin dan staf di perusahaan Facebook. Bahkan, sekitar 1.000 karyawan jejaring sosial yang berpusat di Menlo Park, California, telah menyiapkan foto sebagai ungkapan terima kasih mereka kepada para pengguna Facebook.

Dalam foto tersebut, semua karyawan memegang dan menunjukkan sesuatu bertuliskan ucapan terima kasih, dan mengelilingi tulisan di bagian tengah berbunyi : “Teruntuk jutaan orang dari Anda yang membuat hal ini terwujud : Terima Kasih”.

Mark Zuckerberg tak ketinggalan menyampaikan ucapan terima kasihnya. Mengenakan T-shirt polos berwarna silver, ia tersenyum seraya menunjukkan sebuah kertas bertuliskan kata terima kasih, yang dipegang dengan dua tangan dan diletakkannya di dada. Latar belakang fotonya menunjukkan suasana di kantor Facebook.

Ungkapan terima kasih itu merupakan ungkapan kebahagiaan karyawan dan pemilik Facebook, karena berhasil mewujudkan impian mereka yang sukses membawa perusahaan itu ke pasaran dunia. Bahkan, angka penjualan fantastis yang sudah dicapai Facebook, menempatkan perusahaan teknologi itu sebagai jutawan baru.

Bagaimana tidak, hanya melalui kata-kata galau para pengguna yang diposting dan dibagikan di Facebook, semakin meningkatkan pundi-pundi emas karyawan dan perusahaan teknologi jejaring sosial ini. Peningkatan pembelian saham di bursa efek akan ikut meningkatkan gaji mereka. Sehingga, bisa membantu melunasi pinjaman sekolah, membeli rumah, membeli mobil, atau modal usaha.

Tidak hanya karyawan yang menyambut senang pencapaian yang sudah diraih oleh Facebook di IPO. Agen real estate di California kabarnya bersemangat mengantisipasi gelombang pembeli baru. Karena, penjualan saham perusahaan Facebook yang dilempar ke publik, menjamin kehidupan para karyawannya.

Data-data Penting Facebook :

  • Pengguna aktif setiap bulan : 845 juta users
  • Pengguna aktif setiap hari : 483 juta users
  • Keuntungan tahun 2011 : $668 juta
  • Pendapatan bersih tahun 2011 : $3,7 Milyar
  • 85% pendapatan berasal dari iklan
  • Gaji Mark Zuckerberg tahun 2011 : $500 ribu
  • Gaji Mark Zuckerberg tahun 2013 : $1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda