Scroll to Top

IPL Musim Depan Diikuti 16 Tim

By Aditya / Published on Friday, 03 Feb 2012

LPI

Kompetisi yang kini diakui sebagai ajang resmi PSSI, Indonesia Premier League (IPL) atau Liga Primer Indonesia (LPI), masih terus digodok formulanya untuk menemukan format yang dianggap paling ideal. Jika bertahan hingga musim ke-2, jumlah peserta yang akan terlibat di IPL akan menjadi 16 tim yang hanya boleh diikuti oleh klub-klub anggota PSSI.

IPL yang berada di bawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS) awalnya merupakan kompetisi yang dianggap ilegal di bawah kepengurusan PSSI pada era Nurdin Halid. Namun, setelah Djohar Arifin Husin duduk sebagai Ketua Umum PSSI, IPL pun naik kasta menjadi kompetisi resmi yang diakui PSSI, AFC, dan FIFA.

Dengan adanya perubahan format mulai musim depan, IPL diharapkan semakin berkualitas. Demikian asa yang dilontarkan Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi, Saleh Mukadar.

”Kami berharap adanya peningkatan kualitas kompetisi sepak bola di Tanah Air. Hal ini memang masih dalam perundingan, namun kami sangat berharap dapat disepakati dan berjalan lancar,” katanya di Cisarua, Jawa Barat, seperti dikutip dari BolaNet, Jumat (3/2).

Selebihnya, pengurus PSSI sekaligus petinggi klub Persebaya 1927 yang berlaga di IPL itu membeberkan formula kompetisi yang sedang digodok saat ini demi peningkatan mutu di musim depan.

”IPL musim ini diikuti sebanyak 12 tim dan 1 tim yang paling buncit akan terdegradasi. Untuk mengisi tambahan dari 11 tim menjadi 16, akan didapat dari 5 tim asal kompetisi kasta kedua. Rinciannya, 3 tim yang menjadi juara grup, sudah otomatis naik peringkat. Sedangkan sisa 2 tim lainnya, merupakan runner-up dari masing-masing grup yang dapat memenangkan babak play-off,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda