Scroll to Top

Perankan Kyai di “Negeri 5 Menara”, Ikang Fawzi Masuk Pesantren

By Aditya / Published on Friday, 03 Feb 2012

Ikang Fawzi

Memperoleh peran sebagai kyai dalam film ”Negeri 5 Menara” membuat Ikang Fawzi terkagum-kagum dengan sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Mantan rocker ini menyempatkan diri untuk turut serta di dalam lingkungan pesantren demi memantapkan aktingnya sebagai kyai.

Ikang Fawzi mengaku sangat beruntung bisa merasakan kehidupan di Gontor. Menurutnya, pesantren tersebut sangat terbuka untuk semua hal yang merujuk kepada kebaikan, tidak seperti yang dibayangkan orang selama ini.

”Pesantren Gontor menghadirkan banyak hal. Mulai yang santai, urusan seni bahkan musik yang pikir aku haram justru begitu terbuka,” ujar Ikang Fawzi seperti dikutip dari KapanLagi, Jumat (3/2).

Menurut suami dari artis sekaligus politisi Marissa Haque itu, pembelajaran atau sistem pendidikan di Pesantren Gontor yang tidak kolot sangat diperlukan bagi generasi muda sekarang ini. Pendidikan yang bersahabat dibutuhkan untuk membentuk karakter bangsa.

”Pembelajaran seperti ini sangat perlu di mana kita harus selalu mendengar anak-anak muda zaman sekarang. Kalau anak muda membuka diri, mau masuk pesantren itu bisa menjawab supaya mereka bisa membangun karakter yang jelas,” ungkapnya.

Film ”Negeri 5 Menara” sendiri diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi. Film ini mengisahkan tentang persahabatan para santri yang berasal dari berbagai macam suku bangsa. Para santri yang tinggal di satu pondok pesantren ini mempunyai impian yang sama, yakni ingin sekolah hingga ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda