Scroll to Top

Lionel Messi Gagal Mengeksekusi 7 dari 27 Tendangan Penalti

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 03 Feb 2012

Kegagalan penalti di Mestalla pertengahan pekan ini mengguratkan luka untuk Lionel Messi. Untuk ketujuh kalinya dalam 27 kesempatan sepanjang karier bersama Barcelona, sang mesiah tak mampu mengeksekusi tendangan titik 12 pas. Artinya, kurang dari empat kesempatan penalti, Messi akan melayangkan satu peluang emas.

Lionel messi gagal penalti 1

Perseteruan sang mesiah dengan titik putih diawali pada musim 2007/2008. Kala itu, 31 Januari 2008, kiper Villarreal, Diego Lopez, mampu membaca arah tembakan Messi. Beruntung dalam laga yang berlangsung di Camp Nou itu, Barcelona sudah unggul 1-0 lewat gol Thierry Henry. Duel ini sendiri adalah leg kedua perempat final Copa del Rey. Barcelona lolos dengan agregat 1-0.

Trauma Copa del Rey berulang pada musim berikutnya. Messi tak mampu mengonversi penalti saat Barcelona menghadapi Benidorm, klub Segunda Division B. Beruntunglah ia mampu merebound bola sekaligus mencetak gol tunggal bagi kemenangan Barcelona di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey.

Kejadian serupa terulang pada laga menghadapi Recreativo Huelva. Bermain di depan pendukung sendiri, Messi gagal mengeksekusi penalti di menit 81. Beruntunglah dalam lanjutan La Liga musim 2008/2009 tersebut, Barcelona sudah unggul 2-0 terlebih dahulu.

Kutukan penalti Messi berlanjut di Liga Champions musim 2010/2011. Dalam duel menghadapi Panathinaikos di Camp Nou, sang nomor 10 gagal mengeksekusi bola dari titik 12 pas. Messi dipastikan tidak terlalu berduka cita karena dalam laga itu, sang mesiah mengemas 2 gol. Barcelona tetap berpesta 5-1 atas klub Yunani.

Laga berikutnya adalah Real Betis vs Barcelona di musim yang sama. Dalam second leg semifinal Copa del Rey, Messi gagal mengeksekusi tembakan penatli dengan sempurna. Barcelona pun kalah 1-3 dari klub yang kala itu masih berkubang di Segunda Division. Beruntung, di leg pertama, Blaugrana sudah menang 5-0 sehingga tetap mulus melenggang ke final Copa del Rey.

Musim ini, sudah dua kali Messi melepaskan peluang 99,99% gol. Uniknya, kegagalan itu dibaginya dalam laga kandang dan tandang. Di Camp Nou, sepakannya ditepis oleh Javi Varas, kiper Sevilla untuk menghasilkan skor 0-0. Terakhir, Diego Alves dari Valencia menjadi penakluk Messi dalam semifinal Copa del Rey.

Lionel messi gagal penalti

Jika dibuat statistik, sudah empat kali di Copa del Rey Messi gagal. Dua lagi di La Liga dan satu sisanya di Liga Champions. Sebagai catatan, dalam dua laga terakhir (melawan Sevilla dan Valencia), andai penalti Messi masuk, tiga poin dipastikan akan menjadi milik Barcelona.

Untuk seorang pemain sebesar Messi, kegagalan penalti dengan persentase 25,92% adalah sebuah hal yang nyaris tak bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda