Scroll to Top

Barcelona Tim Tersubur di Kandang, Real Madrid di Tandang

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 04 Feb 2012

Persaingan Real Madrid dan Barcelona menjuarai La Liga tidak hanya sebatas pengejaran perolehan poin semata. Tetapi juga, masalah rekor demi rekor yang mungkin saja mereka pecahkan. Sejauh ini, masalah pertahanan ada yang unik. Kedua tim berbagi rekor produktivitas dan pertahanan terbaik.

Barcelona

Barcelona menjadi yang terbaik untuk rekor kebobolan di kandang. Sementara, Real Madrid yang memenangi 8 dari 10 laga tandang, berdiri sendirian sebagai tim terbaik urusan pertahanan dalam laga away.

Posisi yang sama juga berlaku untuk urusan produktivitas. Barcelona menjadi yang terdepan urusan mencetak gol di Camp Nou. Sementara, Real Madrid paling digdaya ketika berlaga di luar Santiago Bernabeu

Pertahanan dan Produktivitas Kandang Terbaik

Barcelona cuma terbobol 2 kali dalam 10 pertandingan kandang. Dua gol itu tercipta dalam laga melawan Real Betis (4-2), selebihnya dalam 9 laga, Blaugrana sukses melakoni clean sheet.

Pertahanan kandang Barcelona yang kokoh selaras dengan hasil maksimal yang didapatkan Blaugrana kala berlaga di Camp Nou. Hingga saat ini, mereka cuma sekali terpeleset saat melawan Sevilla 0-0. Selebihnya, dalam 10 laga, Barcelona memetik 9 kemenangan.

Kemenangan kandang Barcelona tak pernah kurang dari margin dua gol. Pasukan Pep Guardiola pun sukses menghibur rakyat Catalan dengan 43 golnya. Kecuali melawan Sevilla (0-0), Barcelona mencetak minimal 3 gol di Camp Nou, yaitu kala menghancurkan Racing Santander 3-0.

Pertahanan dan Produktivitas Tandang Terbaik

Real Madrid berada di kutub sebaliknya. Urusan kemenangan, nyaris tidak ada bedanya Real Madrid kala berlaga di Santiago Bernabeu atau di luar kandang. Mereka mengumpulkan 25 angka. Di bawah Los Blancos, tim terbaik kedua dalam laga away adalah Barcelona yang cuma mengumpulkan 17 poin.

Kemenangan tandang yang masif ini berkorelasi penuh dengan rekor pertahanan Real Madrid. Mereka cuma terbobol 6 kali di pertandingan away dalam 10 pertandingan; atau 110% lebih baik daripada rekor pertahanan mereka di kandang. Ya, di Santiago Bernabeu, Los Blancos sudah terbobol 13 kali dalam 10 pertandingan.

Urusan ketajaman di depan gawang lawan dalam laga tandang, Cristiano Ronaldo dkk. jagonya. Mereka sudah mengemas 29 gol atau rerata 2,9 gol/laga, atau lebih baik 13 gol daripada Barcelona.

Real Madrid

Meskipun berbagi urusan produktivitas dan rekor pertahanan terbaik, Real Madrid lebih mampu mengoptimalkan keunggulan mereka. Los Blancos cuma tertinggal 1 angka dari Barcelona di laga kandang. Sebaliknya, Real Madrid menutup ketertinggalan ini dengan mencetak margin 8 angka lebih baik di laga tandang.

Sumber Foto: realmadrid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda