Scroll to Top

Dropshipping: Bisnis Online Tanpa Modal

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 29 Jun 2011

dropshipSalah satu cara termudah untuk memasarkan produk adalah dengan dropshipping. Lewat cara ini, produsen bisa menghemat dana untuk keperluan marketing. Pasalnya, proses pemasaran akan dibantu oleh reseller  yang mendapatkan keuntungan diskon harga jual produk. Rata-rata mereka menawarkan barang dagangannya secara online.

Penjual online yang menerapkan proses dropshipping semakin tinggi. Di forum jual beli situs Kaskus, misalnya, banyak ditemui penjual yang mencari reseller dropshipping. Dan, pilihan produk yang ditawarkan tersedia mulai dari jam tangan, busana, sampai ke gadget. Asyiknya, reseller bisa menjual barang milik penjual pertama tanpa modal. Reseller tinggal meraup laba.

Aksi berjualan ala dropshipping sebenarnya sudah biasa di situs belanja online, Ebay.  Di Indonesia, sistem ini belum terlalu lama dikenal. Namun, akhir-akhir ini, dropshipping menjadi salah satu andalan dalam pemasaran di negeri ini.

Terjadi simbiosis mutualisme antara penjual pertama dengan reseller dalam dropshipping. Dalam bisnis ini, penjual bertanggung jawab dalam penyediaan stok produk dan mengirimkannya ke alamat pembeli terakhir, atas pesanan yang disampaikan oleh reseller.

Misalnya, penjual pertama memiliki produk sepatu X. Produk ini kemudian dipasarkan oleh seorang reseller melalui toko online-nya. Lantas, ada pembeli dari kota Y yang memesan barang lewat reseller. Tugas reseller selanjutnya adalah mengirimkan data pesanan dan uang pembelian dari pembeli, kepada penjual pertama sebagai pemasok barang. Terakhir, penjual pertama yang akan mengirim pesanan kepada pembeli akhir melalui jasa kurir.

Reseller mengambil keuntungan dari margin penjualan. Biasanya, terdapat harga dasar yang diberikan penjual pertama kepada reseller-nya. Reseller bisa menjual dengan harga sekehendaknya, atau  berdasar kesepakatan harga dengan penjual pertama. Dan, biasanya reseller melakukan itu tanpa modal. Menarik bukan?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda