Scroll to Top

Ada Rahasia Apa Dibalik Ciuman?

By C Novita / Published on Saturday, 04 Feb 2012

Rahasia ciumanCiuman bisa mengandung berbagai macam makna. Ciuman di kening pertanda sayang. Ciuman di pipi pertanda persahabatan. Atau bahkan ciuman bibir, yang bisa bermakna cinta atau gairah.

Namun, tahukah Anda bahwa ciuman itu tidak sekedar persentuhan antara dua orang manusia saja. Ada berbagai rahasia lain yang tersimpan di balik ciuman. Berikut adalah beberapa rahasia tersebut;

  • Ciuman Membakar kalori

Disadari atau tidak, sebuah ciuman ternyata bisa membakar kalori. Bahkan sebuah ciuman sederhana di kening atau pipi sekalipun. Ada sedikitnya 2 otot yang bergerak di wajah saat ciuman sederhana terjadi. Dan pergerakan otot tentu akan terjadi pembakaran kalori.

Sedangkan untuk ciuman penuh gairah, ada setidaknya 34 otot tubuh yang bergerak, dan membakar 26 kalori jika terjadi selama 1 menit. Jika lebih, tentu lebih banyak kalori yang terbakar.

  • Ciuman Bersifat Adiktif (Candu)

Hampir seperti narkoba, ciuman juga menyebabkan kecanduan. Mengapa? sebab ada hormon endorphine yang dilepaskan otak saat terjadi ciuman hangat. Hormon tersebut membuat perasaan senang, tentram dan bahagia. Dan itu menyebabkan ketagihan.

  • Ciuman Bisa Menularkan Penyakit

Tentu yang dimaksud disini adalah ciuman menggunakan bibir, sebab dalam keadaan tersebut, bakteri dalam mulut dapat tertukar. Tercatat ada 278 tipe bakteri yang pernah ditemukan saat berciuman bibir. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut setelah berciuman.

  • Ciuman Juga menyehatkan

Dalam aktifitas ciuman, seseorang akan merasa diperhatikan, disayangi, dan dicintai. Dan hal tersebut akan sangat baik bagi kesehatan jiwa, dan bahkan raga. Sebab kebutuhan akan dicintai dan disayangi merupakan sebuah kebutuhan yang vital bagi manusia sebagai makhluk sosial.

 

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda