Scroll to Top

Konferensi Pers Resmi Pertama Villas-Boas

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 29 Jun 2011

Manajer baru Chelsea, Andre Villas-Boas, telah menampik julukan “The Special One” yang disematkan padanya seperti Jose Mourinho ketika ia melakukan konferensi pers resmi pertamanya sebagai manajer The Blues. Ia berharap bisa mendapat julukan lain yang lebih baik suatu hari nanti.

Eks bos FC Porto tersebut merasa belum layak disandingkan dengan manajer sekelas Mourinho yang telah menghadirkan banyak gelar bagi tim-tim yang ditanganinya.

Antara Mourinho dan Villas-Boas memang terdapat banyak kesamaan. Diantaranya sama-sama memulai karier sebagai manajer pada usia muda, langsung berprestasi pada musim perdana sebagai pelatih, dan sama-sama memulainya bersama FC Porto. Selepas dari Porto, keduanya juga melanjutkan karier kepelatihan di Stamford Bridge. Villas-Boas juga adalah mantan asisten Mourinho selama ia menangani Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

Pada konferensi pers resmi pertamanya sebagai manajer Chelsea, Villas-Boas berkata “Julukan? Saya akan menunggu julukan dari kalian ketika saya sudah meraih sukses bersama Chelsea. Saya mengharapkan sebuah julukan yang baik dari kalian (wartawan) semua.”

“Ini bukanlah pertunjukkan satu orang saja. Mungkin ini adalah suatu pertanyaan yang menciptakan empati, motivasi, dan meningkatkan ambisi dalam diri setiap orang dalam segala hal. Tidak hanya para pemain, tapi juga para staff yang mengelilingi saya dan semua orang di klub ini. Mungkin saya akan menamainya “The Group One”. Saya ingin orang-orang dalam satu kelompok ini menjadi sukses, dan itulah tujuan saya.”

“tantangan bagi saya adalah meraih kemenangan secepat mungkin, dan membangun pondasi yang kokoh untuk tim ini. Saya pikir Chelsea tidaklah berbeda dibanding klub top lainnya. Tantangan yang Anda hadapi dari hari ke hari adalah untuk selalu meraih kesuksesan. Dan itulah tantangan yang akan saya hadapi di Chelsea.”

Disinggung mengenai target yang diberikan Roman Abramovich padanya, Villas-Boas berkata, “Kita semua tahu apa yang diharapkan klub ini. Semua manajer yang telah berada disini bertarung untuk mendapatkan piala-piala yang bisa diraih. Hal itu jugalah yang dikatakan pemilik klub pada saya, yakni berusaha untuk mendapatkan banyak gelar. Hal seperti ini lumrah terjadi di klub-klub besar seperti Manchester United, Arsenal, dan yang lain. Tiap musimnya mereka selalu berusaha untuk meraih trofi.”

Villas-Boas juga mengomentari tekanan yang mungkin datang dari manajer sekelas Sir Alex Ferguson. “Ini bukanlah pertanyaan bagaimana saya mengalahkan Sir Alex. Ini adalah pertanyaan bagaimana klub sekelas Chelsea bisa bersaing lagi dalam perebutan gelar juara. Musim lalu, seperti yang kita tahu, Chelsea membuat gebrakan yang bagus pada akhir musim dan nyaris meraih gelar. Untuk musim depan, saya berharap kami bisa melakukan start yang bagus.”

“Ini semua adalah bagian dari rasa empati yang akan saya bangun bersama para pemain untuk membangkitkan semangat mereka untuk bisa meraih sukses. Ini bukan perkara satu orang melawan yang lain, tapi ini tentang bagaimana membangun kekuatan bersama untuk mendapatkan gelar kami kembali.”

Terkait dengan bursa transfer, dimana Chelsea dikaitkan dengan sejumlah nama besar seperti Neymar dan Kaka, Villas-Boas mengatakan bahwa ia akan membuat keputusan yang bijaksana terkait masalah transfer.

“Saya sangat senang dengan skuad yang ada saat ini. Bukanlah sesuatu yang baru jika seorang manajer baru datang, langsung diharapkan untuk melakukan perubahan yang radikal. Saat ini saya kira, dengan mempertimbangkan kesuksesan tim ini selama enam sampai tujuh tahun terakhir, kami harus membuat keputusan yang benar dan bijaksana. Saya mengharapkan komitmen dari orang-orang di klub ini untuk membuat keputusan terbaik. Kami masih punya banyak waktu di pasar transfer, dan untuk menilai situasi yang terjadi di pasar transfer. Setelahnya, kami bisa menilai apakah akan membuat perubahan atau tidak.”

“Hal yang paling penting adalah membuat para pemain merasa dibutuhkan oleh klub. Karena mereka adalah sekumpulan pemain yang hebat. Saya ingin mereka kembali ke tim secepatnya, dan mulai membuat start yang bagus di musim baru,” tutup Villas-Boas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda