Scroll to Top

Sriwijaya FC vs Persidafon 5-0: Keith Kayamba Gumbs 2 Gol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 04 Feb 2012

Tertahannya Persipura di kandang PSPS kemarin, menjadi berkah tersendiri bagi Sriwijaya FC. Laskar Wong Kito berpotensi untuk menipiskan jarak dari Mutiara Hitam. Lawan yang dihadapi pun cuma Persidafon yang terseok di papan bawah klasemen.

Sriwijaya FC
Pemain Sriwijaya FC ketika melakukan selebrasi gol di sebuah pertandingan

Sriwijaya FC membuka skor di menit 27. Adalah Keith Kayamba Gumbs yang menjadi pemain pertama yang menaklukkan kiper Wilson Aleng setelah menerima umpan Hilton Moreira.

Menit 45, Singamania kembali bersorak. Tendangan bebas Firman Utina menerobos masuk ke gawang Persidafon untuk menggandakan keunggulan.
Sriwijaya FC, yang dalam dua laga sebelumnya menderita kekalahan tandang di Papua, sepertinya berniat membalaskan penasaran. Kalau babak pertama Persidafon masih bisa memberikan perlawanan, 45 menit kedua menjadi milik Laskar Wong Kito.

Babak kedua baru berjalan semenit, Gumbs mencetak gol kesepuluhnya di ISL musim ini setelah menerima umpan terobosan cantik dari Ponaryo Astaman.

Laskar Wong Kito semakin melenggang di menit 64 berkat tembakan Siswanto. Terakhir, Ponaryo Astaman sang kapten menuntaskan kemenangan besar Sriwijaya FC. Menerima umpan matang Hilton Moreira di kotak penalti, Ponaryo mengeksekusi bola dengan sempurna di menit 74.

Kemenangan ini sangat penting bagi Sriwijaya FC. Kini mereka cuma terpaut dua angka saja dari sang pemuncak klasemen, Persipura. Yang lebih fantastis, Laskar Wong Kito menjadi yang terdepan urusan mencetak gol. Mereka sudah mengemas 27 gol hanya dalam 11 pertandingan.  Khusus Gumbs, ia kini melenggang sendirian di puncak top skorer ISL.

Dalam laga lain, sesama tim Papua, mengalami nasib berbeda. Persiram Raja Ampat yang musim ini melakoni nasib sebagai tim pengelana, memetik kemenangan 3-1 atas Deltras Sidoarjo.

Penalti Jean Paul Boumsong menit 39 membuat Persiram unggul 1-0. Segalanya berjalan menyesakkan bagi Deltras ketika Ethon Moran menutup babak pertama dengan golnya.

Babak kedua, meski bermain di lapangan “lumpur”, Deltras tetap pantang menyerah. M. Fakhruddin memperkecil kekalahan di menit 50. Namun akhirnya Boumsong mencetak gol kedua sekaligus memastikan kemenangan perdana bagi Persiram di menit 88.

Persiram layak berpesta atas kemenangan ini. Sembilan laga sebelumnya, klub promosi ala Kongres Bali ini cuma mengoleksi 2 poin dan 7 kekalahan. Kini, satu-satunya tim di ISL yang belum meraih kemenangan adalah PSAP Sigli, sekaligus menjadi penghuni dasar klasemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda