Scroll to Top

AS Roma vs Inter Milan: Duel Dua Eks Penguasa

By Wan Faizal / Published on Sunday, 05 Feb 2012

Sejak era Calciopoli, AS Roma dan Inter Milan adalah raja di Serie-A. Lihat saja klasemen akhir Serie-A sejak musim 2006-2007, selalu ada nama Inter dan Roma di dua posisi teratas. Pengecualian terjadi pada musim 2008-2009 dimana kala itu Roma hanya finish di posisi keenam.

Inter Milan 0-0 AS Roma

Persaingan antara keduanya tak hanya terjadi di Serie-A, namun juga merembet ke Coppa Italia dan Supercoppa Italia. Dalam kurun tahun 2006 hingga 2008, keduanya selalu bertemu di babak final Coppa Italia dan Supercoppa Italia.

Bagaimana dengan kali ini? Kebangkitan yang dialami oleh AC Milan dan Juventus, serta mencuatnya dua kuda hitam, Udinese dan Napoli, membuat Roma dan Inter harus berjuang ekstra untuk bisa kembali ke papan atas.

Maka, pertemuan keduanya malam nanti akan sangat menarik karena bisa jadi akan membuktikan siapa yang lebih siap untuk kembali ke papan atas mengingat keduanya sama-sama tak melakoni start yang baik musim ini.

Meski bermain tandang, Inter ternyata menargetkan raihan tiga poin demi mengganti poin yang hilang saat mereka hanya mampu bermain imbang 4-4 melawan Palermo tengah pekan lalu.

Inter memang memiliki memori indah kala bermain di Stadio Olimpico. Meski berstatus sebagai tim tamu, Inter mampu meraup tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di markas Roma.

Roma sendiri bernafsu untuk bisa meraih kemenangan atas I Nerazzurri sebagai pelampiasan atas kekalahan 4-2 yang mereka terima dari Cagliari. Pelatih Luis Enrique pun juga meyakini bahwa anak asuhnya memiliki modal yang cukup untuk bisa mengalahkan Inter.

“Jika kami bemain tanpa rasa takut dan tetap percaya diri, maka kami bisa mengalahkan Inter. Kami harus bermain 100% karena jika tidak kami bisa dikalahkan oleh siapa pun,” jelas Enrique.

Meski begitu, eks pemain Barcelona itu juga cukup mewaspadai kekuatan Inter yang tengah menunjukkan kebangkitannya setelah sempat terpuruk di awal musim.

“Ini akan sangat sulit karena Inter tim yang kuat. Mereka memiliki para pemain berkualitas dan level mereka telah meningkat sejak dilatih Claudio Ranieri.”

Beruntung, di pertandingan ini kemungkinan I Lupi sudah bisa diperkuat oleh Daniele De Rossi yang baru sembuh dari cedera. Dengan mengandalkan trio Francesco Totti-Erik Lamela-Fabio Borini serta didukung Miralem Pjanic, maka Roma tentu tetap berpeluang untuk bisa menggasak Inter malam nanti.

Terlebih Roma bermain di hadapan pendukungnya sendiri malam nanti. Tentu saja, bermain di kandang sendiri akan membuat peluang menang akan menjadi lebih besar.

“Kami menginginkan dukungan para fans karena kami memang selalu membutuhkan bantuan mereka, terutama di momen seperti ini. Kami akan berusaha membayar dukungan mereka dengan penampilan apik diatas lapangan,” jelas Totti.

Pertandingan ini sendiri sejatinya dijadwalkan pada hari Sabtu (4/2) pukul 21.00 WIB. Namun karena cuaca buruk, pertandingan ini harus diundur 24 jam menjadi hari Minggu (5/2) pukul 21.00 WIB.

Perkiraan susunan pemain:

AS Roma (4-3-3): 24. Marten Stekelenburg; 87. Aleandro Rosi, 4. Juan, 5. Gabriel Heinze, 11. Rodrigo Taddei; 16. Daniele De Rossi, 19. Fernando Gago, 15. Miralem Pjanic; 10. Francesco Totti, 8. Erik Lamela, 31. Fabio Borini. Pelatih: Luis Enrique

Inter Milan (4-4-2): 1. Julio Cesar; 13. Maicon, 6. Lucio, 25. Walter Samuel, 26. Cristian Chivu; 4. Javier Zanetti, 55. Yuto Nagatomo, 18. Andrea Poli, 19. Esteban Cambiasso; 22. Diego Milito, 7. Giampaolo Pazzini. Pelatih: Claudio Ranieri

Head to head:

18-09-2011: Inter 0-0 Roma

12-05-2011: Inter 1-1 Roma

20-04-2011: Roma 0-1 Inter

07-02-2011: Inter 5-3 Roma

26-09-2010: Roma 1-0 Inter

Prediksi SidomiNews: AS Roma (33%) Draw (34%) Inter (33%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda