Scroll to Top

Carlos Vela Pemain Real Sociedad Pertama Yang Membobol Camp Nou Dalam 8 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Feb 2012

Senja hari, 28 April 2003 tidak akan pernah dilupakan para pemain Real Sociedad. Sudah tertinggal 2-0 terlebih dahulu melalui gol Javier Saviola dan Patrick Kluivert, pasukan Anoeta masih bisa memberikan perlawanan ekstra untuk Barcelona. Nihat Kahveci mengoyak gawang Victor Valdes di menit 81. Sekaligus membuat tuan rumah cuma menang tipis 2-1 di ujung laga.

Carlos Vela 2

Gol Nihat itu menjadi gol terakhir Real Sociedad di Camp Nou dalam waktu nyaris sembilan tahun. Dalam empat lawatan ke stadion keramat rakyat Catalan, Sociedad selalu kalah dan tak mampu mencetak sebiji gol pun. Musim 2006/2007, kekalahan 1-0 dari Blaugrana juga mewarnai musim yang tak menyenangkan untuk Txuri-urdin. Mereka terdegradasi ke Segunda Division setelah cuma finish di posisi 19. Alhasil, dendam tak kuasa membobol gawang Victor Valdes tak terbayarkan hingga 3 musim.

Musim lalu, Sociedad akhirnya mentas dari kompetisi yang tak layak untuk superstar La Liga era 1980-an itu. Namun, bukan berarti Camp Nou mau berbaik hati untuk memberikan sebuah gol hiburan. Pertemuan pertama dengan Barcelona di stadion ini setelah lolos dari Segunda Division, diakhiri dengan cara mengenaskan. Blaugrana menggulung mereka 5-0.

Musim ini, akhirnya kutukan tak bisa menghancurkan Victor Valdes pecah. Adalah Carlos Vela, winger asal Meksiko yang memupuskan kutukan tadi. Pemain yang dipinjam dari Arsenal, sukses memanfaatkan umpan Antoine Griezmann untuk menipiskan jarak di menit 74.

http://www.youtube.com/watch?v=pTbuj7aynMc

Memang, Sociedad tak mampu mengakhiri rentetan rekor tak pernah menang dalam 20 tahun terakhir. Namun, setidaknya Vela memiliki oleh-oleh untuk pendukung Txuri-urdin bahwa ia menjadi pemain Real Sociedad pertama yang menaklukkan Valdes. Sekaligus, membuktikan kepada dunia bahwa ia terbuang dari Arsenal bukan karena ketidakmampuan. Melainkan, karena gayanya tak cocok dengan strategi Arsene Wenger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda