Scroll to Top

Real Madrid Pemilik Rekor Tandang Terbaik di Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Feb 2012

Sebelumnya Sidomi sudah membahas bahwa Real Madrid adalah pemilik rekor tandang terbaik di La Liga. Mereka seolah tak bisa membedakan mana Santiago Bernabeu dan mana yang bukan.

Mallorca vs Real Madrid 1-2

Tercatat, sebelum laga menghadapi Getafe, Los Blancos sudah mengoleksi 8 kemenangan. Kini, kemenangan tipis lewat gol tunggal Sergio Ramos, meneruskan catatan spektakuler. Real Madrid adalah yang terbaik di Eropa urusan laga tandang.

9 kemenangan, 1 kali seri, dan sekali kalah. Tim sekelas Manchester United, Borussia Dortmund, atau PSG tidak mendapatkan hal ini di kompetisi domestik.

United yang melakoni laga tandang ke-12 hari ini melawan Chelsea, sebelumnya memiliki rekor 8 kali menang, 2 kali seri, dan sekali kalah. Kalaupun jumlah kemenangan United dan Madrid sejajar nanti malam, persentase kemenangan tetap berpihak pada Los Blancos dengan 81,81%. Sementara, United, jika menang dari Chelsea, hanya 75%.

PSG yang bisa membeli siapa pun, meraih 6 kemenangan, 3 kali seri, dan sekali kalah. Persentasenya pun masih kalah dari Los Blancos dengan 60% kemenangan tandang.

Demikian pula pasukan muda Borussia Dortmund. Anak asuh Juergen Klopp memang yang terbaik di Bundesliga masalah laga tandang. Mereka meraih 6 kemenangan, 3 kali seri dan 2 kekalahan atau persentasenya hanya 54,54%.

AC Milan dari Italia memiliki rekor 6 kali menang, 2 hasil seri, dan tiga kali kalah. Persentase menang mereka setara dengan Dortmund. Namun, kemungkinan Rossoneri kalah di laga tandang lebih besar.

Setara dengan AC Milan, ada Tottenham Hotspurs dengan 6 kali menang, 2 kali seri, dan 3 kekalahan. Klub terakhir di enam liga besar Eropa (Premier League, Serie-A, La Liga, Eredivisie, Bundesliga, dan Ligue 1) adalah Manchester City. Mereka memiliki persentase kemenangan tandang 50%.

Jika melihat stabilnya Real Madrid meraih kemenangan, entah dengan permainan indah atau cara pragmatis ala Jose Mourinho, bukan tidak mungkin rekor tandang terbaik di Eropa ini akan tetap kekal hingga akhir musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda