Scroll to Top

Warga Korea Selatan Dipenjara Gara-gara Me-Retweet Korea Utara

By Melissa / Published on Monday, 06 Feb 2012

Akun Resmi Korea Utara

Ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara amatlah kental sehingga sebuah kesalahan kecil sanggup menjebloskan seseorang ke dalam penjara.

Park Jeong-Geun, seorang aktivis dari Partai Sosialis dipenjara setelah ia me-retweet kicauan resmi dari Pemerintah Korea Utara.

Salah satu pesan yang di-retweet tersebut adalah “Jayalah Jenderal Kim Jong-Il” yang berasal dari akun resmi @uriminzok milik Korea Utara.

Jeong-Geun telah dibui sejak 11 Januari kemarin dan mendapat hukuman 7 tahun penjara sesuai Undang-Undang Keamanan Negara.

Dalam pembelaannya, Jeong-Geun mengklaim bahwa sebenarnya ia bermaksud menyindir Korea Utara, bukan mendukung musuh negaranya tersebut.

Sam Zarifi selaku Kepala Amnesty International bagian Asia-Pasifik menyampaikan pendapatnya mengenai situasi ini:

“Ini bukan kasus keamanan nasional, tapi ini adalah kasus menyedihkan yang menunjukkan bahwa pemerintah Korea Selatan sama sekali tidak mengerti arti sarkasme.

Memenjarakan siapa saja yang mengekspresikan opini mereka dengan damai melanggar hukum internasional, namun dalam kasus ini tuduhan terhadap Park Jeong-Geun sangatlah menggelikan dan harus segera ditarik.”

Peristiwa ini bukanlah pertama kalinya Korea Selatan menahan warganya akibat mendukung Korea Utara melalui Twitter. Tahun lalu, seseorang bernama Cho ditahan karena dianggap memuji Korea Utara secara publik di Twitter.

Saat ini Amnesty International masih terus berusaha melobi Korea Selatan untuk membebaskan Park Jeong-Geun.

(via All Twitter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda