Scroll to Top

Tombol Start di Windows 8 Akan Hilang

By Ivan Azzam / Published on Monday, 06 Feb 2012

Rasanya tidak lama lagi masa Windows 7, sistem operasi besutan Microsoft akan digantikan dengan yang baru, yaitu Windows 8. Windows 8 ini disebut oleh Microsoft sebagai sistem operasi yang revolusioner dalam sejarah Windows sendiri. Hal ini dikarenakan Windows 8 sendiri memiliki tampilan baru yang disebut Metro.

Windows 8 tanpa tombol Start

Selain itu, Windows 8 akan dioptimalkan agar bisa digunakan di layar sentuh. Kali ini ada lagi perubahan dalam Windows 8, hal ini pertama kali muncul di versi “Consumer Preview”. Perubahan tersebut adalah, Microsoft menghilangkan tombol ikonik “Start” dari sistem operasinya Windows.

Lalu apa alasan dari Microsoft sendiri terhadap perubahan ini? Seperti yang sudah dikatakan, agar untuk mengoptimalkan fitur layar sentuh itu sendiri dan agar lebih intuitif. Tentu kita bertanya bagaimana cara untuk mengakses menu yang biasanya ada di “Start” tersebut?

Jawabnya, Microsoft menyediakan fitur yang disebut “Hot Corner” di mana fitur ini akan berisi menu-menu yang bisa diakses, pengguna cukup mengklik dengan tangan (jika sedang dalam mode Metro dan di layar sentuh) atau mengarahkan kursor di keempat sudut layar untuk menampilkan menu tersebut. Jadi jelas sudah, tentu saja menu masih bisa diakses dan fungsi “Start” sendiri tidak dihilangkan.

Sudah tidak sabar menunggu Windows 8 dirilis final? (via VentureBeat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda