Scroll to Top

Facebook dan Google Terkena Sensor di India

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

India Sensor Facebook dan Google

Dua perusahaan teknologi besar yang berbisnis di India; Google dan Facebook harus ekstra keras menghapus konten mereka yang dianggap bertengtangan dengan hukum setempat. Nampaknya Google dan Facebook mulai terkena sensor di negeri Bollywood ini. Seperti apa?

Google dan Facebook harus menghapus beberapa situs yang menggunakan domain India. Peraturan ini diberlakukan setelah perintah peradilan setempat memutuskan peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas internat yang dianggap membahayakan stabilitas negara.

India sepertinya khawatir akan mengalami kejadian yang pernah dirasakan oleh China. Mereka harus segera melakukan langkah tegas agar kehidupan umat beragama dapat terjalan dengan harmonis dan mencegah munculnya aksi separatisme.

“Kami telah melihat dan mematikan pencarian lokal di Youtube serta Blogger bagi domain lokal,” tegas Paroma Chaundry juru bicara Google India.

Namun sepertinya ia seakan menutupi konten lokal apa saja yang telah dihapus. Sedangkan dari pihak Facebook akan secepatnya memberikan pernyataan resmi terkait dengan penyensoran konten di India ini.

Peraturan baru di India ditengarai akan mengikat pelbagai perusahaan internet yang berada di negara tersebut. Pemerintah India memberikan batasan waktu hingga 36 jam untuk menyaring konten yang dianggap masalah.

Dan pengadilan hanya memberikan tenggang waktu hanya 15 hari saja bagi perusahaan internet untuk melakukan tindak lanjut pasca 36 jam diberikan. Jika tidak, maka pemerintah India berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda