Scroll to Top

Clint Dempsey: Harapan Fulham Setelah Hengkangnya Bobby Zamora

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Sebagai klub yang tidak kaya dan tidak memiliki pemain bintang berkelas, Fulham cukup beruntung dengan keeksisan mereka di papan tengah Premier League pada setiap musimnya.

Selebrasi gol Dempsey, Fulham 5-2 Newcastle

Namun jika diamati, klub berjuluk The Cottagers itu sebenarnya memiliki satu pemain yang bisa dianggap sebagai bintang Fulham, yakni Clint Dempsey, pemain yang bisa ditempatkan sebagai penyerang atau gelandang serang asal Amerika Serikat.

Bergabung ke Craven Cottage sejak 2007 silam, Dempsey menjelma sebagai andalan baru bagi siapa pun pelatih yang menangani Fulham sejak itu. Bisa dimaklumi karena kemampuannya bermain di beberapa posisi.

Musim ini, Dempsey benar-benar seperti menjadi raja bagi Fulham. Lihat saja catatan statistiknya hingga pekan ke-24 Premier League musim ini.

Dari 24 pertandingan, Dempsey bermain sebanyak 24 kali tanpa sekalipun masuk sebagai pemain pengganti. Bukti betapa Martin Jol benar-benar mengandalkan pemain berusia 29 tahun tersebut.

Selain itu, pemain yang juga dikenal jago menyanyikan musik rap itu juga berkontribusi dalam 14 dari 29 gol Fulham musim ini dengan catatan 10 gol dan empat assists. Itu berarti, 48% gol Fulham sejauh ini adalah kontribusi Dempsey. Dempsey juga tipe pemain yang kreatif dalam mengkreasi serangan. Dalam setiap pertandingan, ia menghasilkan rata-rata 33,6 kali umpan.

Meski tidak selalu dimainkan sebagai penyerang, Dempsey ternyata juga cukup agresif. Rata-rata ia melepaskan empat kali tendangan ke arah gawang lawan dalam setiap pertandingan. Catatan itu bahkan lebih baik dari yang dikoleksi Bobby Zamora (2,1) dan Andy Johnson (1,8) yang berposisi sebagai striker asli. Tak salah bila Fulham musim ini keluar sebagai salah satu tim yang lumayan agresif.

Gol Dempsey, Fulham vs WBA

Dalam lima pertandingan terakhir (kecuali melawan Manchester City di laga terakhir), Dempsey menunjukkan diri sebagai pemain yang bisa diandalkan. Ia mencetak tujuh gol dan satu assist serta menghasilkan 11 poin bagi Fulham.

Gol tunggalnya ke gawang Liverpool di Craven Cottage musim ini juga mencatatkan rekor tersendiri baginya. Selain sebagai gol kemenangan, gol itu juga membawa namanya sebagai pemain asal Amerika yang mencetak gol terbanyak di Premier League melewati rekor Brian McBride.

Dengan catatan impresif seperti itu, maka tak salah bila fans Fulham menggantungkan harapannya pada Dempsey. Terlebih, mereka baru saja ditinggal Zamora yang memilih bergabung dengan QPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda