Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Mirandes 6-2: Menantang Barcelona di Final?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Rakyat Basque layak berpesta semalam suntuk. Untuk kedua kalinya dalam empat tahun terakhir, klub kesayangan mereka lolos ke final Copa del Rey. Dengan gemilang, pasukan Marcelo Bielsa menghantam kuda hitam Mirandes dengan skor fantastis 6-2. Alhasil, Bilbao melenggang dengan agregat 8-3.

Athletic Bilbao vs Mirandes 6-2

Langkah Bilbao ke final bahkan sudah dituliskan dalam takdir pada 22 menit pertama pertandingan. Sepanjang kurun waktu tersebut, gawang Mirandes sudah terbobol tiga kali.

Pukulan pertama Bilbao diciptakan oleh calon pemain terbaik sejagat, Iker Muniain di menit 11. Umpan Oscar de Marcos ditembaknya dengan satu sentuhan.

Ketika Nauzet, kiper Mirandes, masih tak percaya gawangnya terkoyak di awal-awal laga, serbuan gencar kembali hadir. Susaeta dan Aurtenexte membunuhnya dengan cepat.

Susaeta yang menerima umpan apik De Marcos dengan membelakangi gawang, langsung berputar untuk menghunjamkan bola ke sudut kanan gawang Mirandes.

Puas dengan sebuah gol, Susaeta menjadi arsitek gol Aurtenexte. Tandukan sang bek kiri dari sudut sempit membenamkan Nauzet.

Siapa pun tidak akan bangkit dari skor 3-0 dalam 22 menit pertama. Maka, meskipun pada babak kedua Mirandes mampu mengoyak gawang Gozka Iraizoz dua kali melalui Aitor Blanco, Bilbao tetaplah yang perkasa.

Fernando Llorente yang baru saja mencetak gol ke-100nya untuk Bilbao pertengahan pekan lalu, kala melawat ke kandang Mirandes, seperti tidak bisa berhenti mencetak gol. Hanya dalam rentang empat menit, dua gol diborongnya ke gawang Nauzet. Gol pamungkas hadir lewat aksi bunuh diri bek tengah Mirandes, Cesar Caneda. Bilbao pun melenggang ke final dengan mudah.

Keberhasilan Bilbao ini mengulang catatan mereka di musim 2008/2009. Kala itu, pasukan San Mames melenggang ke final pula. Sayang, saat itu mereka dihempaskan oleh Barcelona dengan skor telak 4-1.

Kini, final menghadapi Barcelona hampir pasti mendekati kenyataan. Sang lawan akan berjumpa dengan Valencia pada Kamis mendatang. Mengingat laga digelar di Camp Nou, peluang Lionel Messi dkk. untuk menang terbuka lebar. Jika hal ini terjadi, anak asuh Marcelo Bielsa tentu ingin membalaskan dendam tiga tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda