Scroll to Top

Merokok, Cara Gampang untuk Pikun

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Semakin tidak meragukan lagi bahaya rokok bagi kesehatan fisik dan mental pelakunya. Bahkan, studi yang dirilis jurnal Archives of General Psychiatry menunjukkan, ada penurunan kemampuan kognitif dari para perokok. Dalam jangka panjang, perokok memiliki kemampuan mental yang cenderung berkurang akibat pengaruh rokok yang masuk ke tubuh sekian lama.

merokok

Penelitian dilakukan tim yang dipimpin Severine Sabia, Ph.D dari University College London. Sampel penelitian diambil dari 5.099 pria dan 2.137 wanita yang menjadi karyawan Dinas Sipil di Inggris.

Dari pengamatan peneliti ditemukan, efek rokok bagi penurunan mental ini berlangsung terus menerus dan lebih cepat bagi mereka yang aktif merokok. Bagi mereka yang berhenti merokok selama lebih kurang 10 tahun, masih ada kemungkinan untuk mengalami lemahnya fungsi eksekusi dalam kemampuan kognitif. Sekali pun, dalam jangka panjang penurunan kognitif mereka berjalan lebih lambat dari yang aktif merokok.

Sementara itu, dikutip dari Times of India, perokok aktif mengalami penurunan kognitif lebih cepat dan di semua bentuk kemampuan kognitif. Dan, mereka harus siap dengan konsekuensi menderita kepikunan atau demensia lebih awal daripada yang bukan atau mantan perokok.

“Hasil penelitian kami menunjukkan hubungan antara merokok dan kognisi, terutama pada usia lebih tua,” tulis penelitian itu

Namun, efek ini tidak terlalu berpengaruh pada wanita. Diduga, hal ini dipengaruhi oleh faktor berlebihannya pria saat mengonsumsi rokok dibanding wanita. Sehingga, faktor wanita mengalami penurunan kognitif tidak separah pria perokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda