Scroll to Top

Papua Berpotensi Hasilkan Pemain Kelas Dunia

By Aditya / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Pemain Asal Papua

Papua ibarat Brasil-nya Indonesia yang menjadi lumbung penghasil pesepakbola dengan kualitas yang mumpuni. Dari Eduard Ivak Dalam, Ortizan dan Boas Solossa, hingga Okto Maniani, Patrich Wanggai, Lucas Mandowen, serta Titus Bonai, semuanya punya keistimewaan yang tidak biasa.

Selain itu, klub-klub Indonesia yang berasal dari Papua seperti Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, Persiram Raja Ampat, dan lainnya kian menunjukkan tajinya sebagai klub yang patut diperhitungkan. Oleh sebab itulah, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, EE Mangindaan, sangat optimis bahwa Papua sangat berpotensi melahirkan pemain-pemain bola kelas dunia.

”Saya yakin, 5 atau 10 tahun ke depan Papua bisa menghasilkan pemain bola bertaraf internasional,” kata EE Mangindaan di Jayapura, Selasa (7/2).

Keyakinan dan kekaguman EE Mangindaan terhadap potensi Papua itulah yang membuat dirinya bersedia menjadi pelindung bagi sekolah sepakbola ”Emsyik” di Jayapura. Sekolah sepakbola ini akan mendidik bibit-bibit unggul yang dimiliki tanah Papua, yakni dari usia 8 tahun hingga 14 tahun.

EE Mangindaan pun berharap, bakat dan potensi anak-anak Papua bisa terus diasah serta dikelola dengan baik agar nantinya mampu mengharumkan nama Papua maupun Indonesia di kancah internasional.

”Papua menjadi salah satu gudang pemain bola di Indonesia sehingga ke depan diharapkan nama Papua di persepakbolaan nasional maupun internasional semakin berkibar,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda