Scroll to Top

iLike, Situs Streaming Musik Online Resmi Ditutup

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

iLike ditutup

Situs streaming musik dan jejaring sosial pertama yang digadang-gadang akan mampu menuai kesuksesan kini telah ditutup. Start up ini telah mampu menarik 55 juta pengguna terdaftar dan telah diakuisisi oleh MySpace pada tahun 2009.

Berdasarkan pantauan dari Sidomi News ketika mencoba mengakses iLike.com maka secara otomatis dialihkan ke laman Music MySpace. Masih di laman tersebut terdapat press release yang menuliskan jika layanan situs iLike tidak lagi tersedia.

Start up ini diluncurkan pada tahun 2006 yang mulanya hanya berkonsentrasi pada layanan website (musik) dan fitur di sidebar iTunes. Kesuksessan iLike terus meroket ketika pada tahun 2007 menjadi aplikasi musik pertama di Facebook dan berhasil menarik jutaan pengguna baru tiap bulannya.

Mengapa iLike sangat sukses waktu itu? Selain menyediakan streaming musik sebagai amunisi utama, fitur lain yang menjadi favorit pengguna adalah aktivitas sosial. Dengan demikian pengguna dapat membagikan apa yang sedang mereka dengarkan di pelbagai jejaring sosial.

Pun juga kehadiran iLike bagi band serta label sangat membantu untuk menciptakan buzz serta endorsement. Lagu yang diputar dapat tersebar sebagai bentuk marketing kepopuleran.

Pada tahun 2009 iLike dilego ke MySpace dengan gelontoran dana sebesar USD 20 juta. Hidup berdampingan dengan layanan musik online yang lebih beken membuat iLike secara perlahan mati suri.

Sepertinya iLike tidak sendirian. Imeem yang menawarkan fitur serupa dengan iLike dan juga telah dimiliki MySpace pun juga akhirnya harus tutup buku.

Mungkin ini menjadi peringatan bagi start up lain agar mereka lebih berhati-hati dalam mengembangkan bisnis pengguna dengan amunisi musik gratis. Sebut saja Rdio dan MOG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda