Scroll to Top

Siapa Pengganti John Terry Sebagai Kapten Inggris?

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Beberapa hari lalu, FA (Football Association) telah resmi mencopot ban kapten Timnas Inggris dari lengan John Terry akibat keputusan hasil sidang kasus rasisnya harus diundur menjadi musim panas mendatang.

Pro dan kontra pun muncul atas keputusan yang dikeluarkan oleh FA tersebut. Termasuk Fabio Capello yang murka atas apa yang terjadi.

John Terry

Meski demikian, hal yang menarik bukan lah menanggapi kemarahan Capello. Namun menyinggung siapa kah yang pantas untuk menggantikan posisi Terry sebagai kapten The Three Lions di Euro 2012 mendatang?

Inggris cukup beruntung karena mereka memiliki segudang pemain yang memiliki jiwa pemimpin. Siapa saja mereka? Berikut analisisnya menurut posisi.

Kiper

Banyak yang memberikan pendapat bahwa Joe Hart cukup pantas untuk menjadi kapten Inggris menggantikan Terry. Anggapan sebagai calon pemimpin masa depan Inggris juga menjadi salah satu acuannya.

Namun, sang kiper sendiri ternyata tak berminat dengan posisi itu. Menurutnya, masih banyak pemain lain yang lebih senior dan pantas menggantikan posisi Terry.

Selain itu, alasan lainnya dari kiper Manchester City itu adalah karena ia saat ini hanya berkonsentrasi untuk membantu City berprestasi dan mempertahankan posisi sebagai kiper utama Inggris. Bukan yang lain, termasuk menjadi kapten Inggris.

Bek

Sebagai deputi dari Terry di timnas, Rio Ferdinand memang yang paling pantas untuk menerima jabatan penting tersebut. Namun apa yang terjadi?

Ternyata Ferdinand malah enggan untuk menerima jabatan tersebut karena ia pernah memiliki pengalaman pahit setelah ban kaptennya dicopot dengan cara yang tidak menyenangkan beberapa waktu lalu.

Gelandang

Ada banyak pilihan bagi Capello di posisi ini. Paling favorit tentu saja Steven Gerrard. Selain merupakan pemain yang berjiwa pemimpin dan pantang menyerah, Gerrard juga merupakan kapten Liverpool, sesuatu yang bisa mempermudah tugasnya karena berarti ia telah berpengalaman menjadi kapten.

Steven Gerrard

Lain itu, Gerrard juga lah kapten Inggris di Piala Dunia 2010 lalu. Saat itu, Gerrard menggantikan posisi Ferdinand karena sang pemain mengalami cedera sebelum turnamen berlangsung.

Nama lain yang cukup favorit adalah Frank Lampard. Namun karena namanya seperti semakin tergerus akibat keberadaan para pemain muda lain, sepertinya peluang Lampard menjadi mengecil untuk bisa memimpin Inggris di Polandia-Ukraina mendatang.

Lainnya? Ada nama Scott Parker dan Gareth Barry yang cukup difavoritkan. Sederhana saja, keduanya menempati posisi yang dianggap pas untuk bisa berteriak dan memimpin rekan lainnya sepanjang laga. Selain itu, performa keduanya musim ini juga cukup stabil.

Penyerang

Rasanya tak ada yang bisa menyangsikan nama Wayne Rooney sebagai calon kapten Timnas Inggris di musim panas nanti. Nama besar, pengalaman, serta pribadinya menjadi nilai plus baginya.

Namun itu bisa saja terjadi jika saja Rooney bisa tampil sejak awal turnamen. Seperti diketahui, Rooney harus absen dalam dua laga pertama Inggris di babak penyisihan grup Euro 2012 akibat hukuman dari UEFA setelah ia mendapat kartu merah kala melawan Montenegro.

Punya pendapat sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda