Scroll to Top

Barcelona vs Valencia 2-0: Menuju Gelar Keempat Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Barcelona masih bisa memperpanjang napas. Mereka menjadi satu-satunya klub La Liga yang kemungkinan masih bisa meraih treble winners (La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions).

Barcelona vs Valencia 2-0

Jika dilihat dari perjalanan musim 2011/2012, final Copa del Rey menjadi harapan Barcelona untuk melanjutkan langkah mulus memborong gelar demi gelar. Sebelumnya sepanjang musim ini, sudah ada Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub yang berada di genggaman tangan.

Langkah ini didapatkan setelah berjuang gagah berani menghadapi Valencia. Menjamu pasukan Unai Emery yang selalu kalah di Camp Nou, El Barca sukses menang 2-0.

Berusaha kembali ke jalur sebenarnya. Ya, dengan dimainkannya Xavi Hernandez di belakang trio Isaac Cuenca-Lionel Messi-Alexis Sanchez, Pep Guardiola mencoba agar Barcelona kembali ke kebiasaan rutinnya.

Namun, pahitnya empat pertandingan sebelum laga ini masih belum dilupakan. Barcelona nervous. Dalam 15 menit, mereka kehilangan bola lebih banyak dari biasanya. Valencia lebih mendominasi jalannya laga; sesuatu yang hampir tidak pernah terlihat dalam lawatan mereka sebelumnya di Camp Nou.

Kemudian, datanglah sang malaikat penyelamat. Siapa lagi kalau bukan Cesc Fabregas. Umpan bola ‘terbang’ Lionel Messi dari jarak 40 meter, dituntaskan dengan sempurna oleh mantan pemain Arsenal. 1-0 di menit 16. Keadaan pun berubah. Barcelona mulai tenang dan penguasaan bola pun kembali menjadi hak mereka.

Namun, perjuangan tidaklah mudah. Mereka senantiasa mengetuk pintu gawang Diego Alves, tapi lini belakang Valencia tidak bersedia membukanya. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Barcelona vs Valencia 2-0 (1)

Awal babak kedua, kembali Los Che memberi tekanan. Beruntunglah kali ini kiper Jose Manuel Pinto cukup cekatan dalam mengatasi peluang tembakan Aritz Aduriz. Namun, lagi-lagi Barcelona berhasil keluar dari tekanan dan mendikte permainan.

Keadaan memburuk bagi Valencia setelah Sofiane Feghouli didakwa menyikut muka Carles Puyol di menit 76. Feghouli yang sebelumnya sudah mengantongi satu kartu kuning pun menerima perintah keluar.

Dengan keadaan ini, cuma ada satu tim yang bermain di sisa pertandingan: Barcelona.  Setelah sekian peluang terbuang, sang raja sesungguhnya pun muncul. Xavi Hernandez membunuh pertandingan dengan golnya di menit 81.

Skor 2-0 sah menjadi milik Barcelona ketika wasit meniup peluit panjang. El Barca pun menatap final ke-12 sepanjang rezim Pep Guardiola. Athletic Bilbao sudah menanti di sana; lawan yang cocok untuk Lionel Messi dkk.

Barcelona vs Valencia 2-0 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda