Scroll to Top

Final Copa del Rey Ketujuh antara Barcelona vs Athletic Bilbao

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Dua tim terbanyak yang memenangi Copa del Rey kembali bersua di final. Dua tim yang belum pernah terdegradasi dari kompetisi teratas La Liga (bersama Real Madrid), beradu kekuatan di ajang yang sering dianggap sebagai ajang kelas dua. Barcelona vs Athletic Bilbao. Bukan kali ini saja keduanya dipertemukan takdir.

Barcelona Copa del Rey 1

Ya, sepanjang sejarah, Barcelona dan Athletic Bilbao sudah enam kali bertempur di partai final Copa del Rey. Barcelona memenangi empat laga, sementara Athletic Bilbao dua.

Partai final pertama terjadi pada tahun 1920. Kala itu Barcelona sukses menghempaskan Bilbao dengan skor 2-0. Adalah legenda El Barca, Paulino Alcantara yang memastikan kemenangan setelah Vicente Martinez mencetak gol pembuka.

Berikutnya, partai bertajuk balas dendam hadir di final 1932. Athletic Bilbao yang menghempaskan rekan sedaerah Barcelona, Espanyol, dengan agregat 12-1 di laga semifinal, datang dengan optimisme tinggi. Hasilnya gol tunggal Agustin Sauto Arana atau lebih akrab disebut Bata menjadi kunci keberhasilan pasukan Basque.

Sepuluh tahun kemudian, 1942, kala itu, dengan label Copa del Generallismo, Barcelona membutuhkan perpanjangan waktu untuk membunuh Athletic Bilbao. Gol terakhir Martin membuat El Barca menang 4-3. Partai ini nyaris menjadi milik Bilbao karena hingga 10 menit terakhir, kedudukan masih 3-1 untuk mereka.

Tahun 1953, lagi-lagi keduanya bersua. Kali ini Barcelona kembali mengukir kemenangan. Laszlo Kubala sang pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, turut menyumbang 1 gol untuk hasil 2-1 di Stadion Chamartin, Madrid.

Sekian lama tak bersua, 31 tahun kemudian, tahun 1984, keduanya kembali berlaga di stadion kota Madrid. Santiago Bernabeu menjadi saksi kemenangan tipis 1-0 Bilbao untuk menyedikitkan agregat pertemuan menjadi 3-2.

Lagi-lagi butuh waktu panjang bagi Barcelona dan Bilbao untuk sepakat bersua di final. Musim 2008/2009, musim pertama rezim Pep Guardiola menguasai Spanyol dengan tangan besi gelar demi gelar, keduanya berhadapan.

Barcelona Copa del Rey 1

Kali ini skor tertelak yang pernah ada dalam sejarah pertemuan mereka di final Copa del Rey pun tecipta. 4-1 dipatrikan Lionel Messi dkk. untuk menjadi patok pertama kerakusan Barcelona era Pep memboyong gelar demi gelar.

Pertemuan kembali pada musim ini jelas akan menjadi duel panas. Barcelona dengan sederetan pemain mudanya akan berhadapan dengan pasukan lokal rakyat Basque yang berangkat ke lapangan dengan semangat berani mati. Siapakah yang layak menang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda