Scroll to Top

Pelaku Pembantaian Orangutan di Kalimantan Disidang

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Empat pria yang didakwa sebagai pelaku pembunuhan orangutan serta primata langka di sebuah perkebunan kelapa sawit Kalimantan, kini telah diadili.

Phuah Chuan Hun, manajer perkebunan di Kalimantan Timur, Kalimantan, dan karyawannya Widiantoro, membayar dua orang untuk melakukan aksi brutal tersebut.

Mereka dan dua terdakwa pembunuh lainnya, Imam Muhtarom dan Mujianto, menghadapi dakwaan lima tahun penjara jika hakim memutuskan mereka bersalah dalam persidangan.

tersangka pembunuhan orang utan_1

Pada foto di atas, dari kanan ke kiri, Phuah Chuan Hun (Malaysia) duduk di samping Widiantoro (Indonesia), Imam Muhtarom dan Mujianto selama persidangan mereka di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Menurut kantor berita AFP, Jaksa Suroto mengatakan kepada pengadilan jika kedua orang ini dibayar satu juta rupiah untuk setiap orangutan dan Rp 200.000 untuk primata lain.

Mereka menggunakan dua pistol kaliber 4,5 milimeter airsoft untuk menembak orangutan dari pohon sebelum enam anjing mereka memburu dan mengejar orangutan yang lolos.

tersangka pembunuhan orang utan_2

Pada foto diatas nampak orangutan yang menggantung (mati) di sebuah menara kayu di sebuah perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur.

tersangka pembunuhan orang utan_3

Pada foto di atas nampak dua pekerja Indonesia memulihkan orangutan mati di perkebunan. Foto ini diedarkan kepada wartawan oleh warga desa setempat yang bersangkutan.

tersangka pembunuhan orang utan_4

Foto di atas nampak sepasang orangutan yang tersisa dan pekerja amal Inggris saat itu sedang berusaha untuk menyelamatkannya.

tersangka pembunuhan orang utan_5

Foto di atas menunjukkan warga setempat yang berusaha menyelematkan orangutan yang tersisa dari tanggkapan pemburu perusahaan kepa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda