Scroll to Top

Amir Hekmati: Game Developer Asal Iran Dihukum Mati Setelah Terbukti Menjadi Agen CIA

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Amir Hekmati

Amir Hekmati, pria kelahiran Amerika Serikat (AS) dan seorang pengembang game dihukum mati di Iran karena diduga terlibat dalam spionase atau mata-mata untuk CIA.

Ia telah meminta pemerintahan Barack Obama untuk melakukan upaya hukum. Termasuk permintaan transfer narapidana yang ia lakukan demi mengindari eksekusi hukuman gantung.

Amir Hekmati bekerja untuk Kuma Games, sebuah video games studio yang berbasis di ota New York. Dan ia juga bekerja pada proyek language-learning games untuk departemen pertahanan AS..

The Washington Post melaporkan meskipun Amir Hekmati awalnya dijatuhi hukuman eksekusi dengan dan akan digantung pada Januari, namu kasusnya telah agak tertunda karena alasan yang tidak jelas.

Dia bisa digantung segera setelah sebuah pengadilan banding meninjau hukumannya. Melalui pengacaranya, Amir Hekmati meminta pemerintahan Barack Obama untuk melakukan apa pun agar dia dibebaskan. Termasuk pertukaran tahanan.

Seorang mantan diplomat, Pierre Prosper, telah bekerja sama dengan keluarga Amir Hekmati untuk membebaskannya pada hukuman gantung pada 10 Januari lalu.

Dan Pierre Prosper mengatakan jika upayanya ini masih belum berakhir dan tetap akan memerjuangkan kasus Amir Hekmati.

Amir Hekmati memiliki 20 hari untuk mengajukan banding hukumannya pada tanggal 10 Januari silam. Namun tidak jelas mengapa pemerintah Iran belum melakukan tindakan apapun.

Ada sebuah kabar yang berhembus jika Amir Hekmati  dibiarkan untuk tetap hidup sebagai bagian dari rencana sebagai tawar-menawar untuk tujuan-tujuan tertentu Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda