Scroll to Top

Mauricio Pochettino Calon Pengganti Jose Mourinho?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 10 Feb 2012

Setelah menjalani karier sebagai pesepakbola pengelana, Jose Mourinho juga menjalani takdir sebagai pelatih pengelana. Ditaklukkannya Liga Portugal, Liga Inggris, Liga Italia, dan musim ini (hampir) Liga Spanyol. Jika tidak ada aral melintang, Mou akan menjadi pelatih yang dapat memboyong gelar juara liga di empat liga top Eropa; tiga di antaranya tergolong liga terelite dunia.

Jose Mourinho Mauricio Pochettino

Namun, bagaimana jika Mou meninggalkan Real Madrid pada Juni 2012? Sudah bukan rahasia lagi kalau sang pelatih masih menyimpan gairah tersembunyi untuk melatih di Inggris.

Harian Mundo Deportivo, salah satu harian pembela Barcelona, merilis sebuah gosip hangat. Gosip ini sendiri berembus dari Josep Pedrerol dalam acara ‘Punto Pelota’.

Konon, Presiden Real Madrid, Florentino Perez, sudah berjaga-jaga jika Mou memutuskan kontrak di tengah jalan. Kariernya dalam kontrak akan berakhir pada Juni 2014. Namun, pengalaman di Chelsea dan Internazionale mengajarkan, Mou lebih suka berpetualang daripada tunduk patuh kerjasama di atas kertas.

Maka, Perez dikabarkan sudah siap melirik sosok Mauricio Pochettino, pelatih Espanyol saat ini. Jika dilihat dari perjalanan karier Pochettino selama melatih Espanyol, rasanya gosip ini tidak terlalu dibuat-buat.

Pochettino sukses membawa Espanyol terus berkembang dari musim ke musim. Pochettino memulai kariernya di klub berjuluk Parkit ini pada Januari 2009. Pochettino yang dahulunya juga pemain Espanyol, sukses membawa klubnya duduk di peringkat 10. Padahal, ketika ia mengambil posisi manajer, Espanyol duduk di peringkat tiga terbawah.

Musim 2009/1010, peringkat Espanyol memang mentok di angka 11. Namun, Pochettino tetap menunjukkan kejeliannya dalam melatih. Apalagi musim tersebut dilalui sang pelatih dengan sedikit perih. Ia terlibat bentrok dengan maskot Espanyol lebih dari satu dekade, Raul Tamudo. Akhirnya, Tamudo hijrah dan Pochettino tetap memegang kendali klub Catalan.

Musim berikutnya, Espanyol naik ke peringkat 8 di klasemen akhir. Musim ini, klub yang bermarkas di Cornella El-Prat, tampil lebih trengginas. Kalau tidak ada gangguan serius, tiket ke Europa League bisa disantap dengan mudah. Bahkan, jika Levante terus memburuk, jatah ke Liga Champions bisa didapatkan.

Dengan prestasi yang lumayan apik mengangkat tim dengan kualitas biasa-biasa saja, Pochettino memang cukup layak ditunjuk Florentino Perez kalau-kalau Jose Mourinho pergi. Siapa tahu, justru sang pelatih Argentina yang akan mengakhiri hegemoni Barcelona di Spanyol dan Eropa.

(Mundo Deportivo/Wikipedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda