Scroll to Top

Athletic Bilbao Bisa Bertanding 63 Kali Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 10 Feb 2012

Lolosnya Athletic Bilbao ke final Copa del Rey menghadapi Barcelona, menandai cerita tersendiri. Pasukan San Mames musim ini akan mencatatkan diri sebagai Bilbao paling perkasa sepanjang masa. Mereka minimal akan melakoni 56 pertandingan dan maksimal 63 laga hingga akhir musim; prestasi fantastis sekaligus membutuhkan spirit luar biasa.

Athletic Bilbao

Saat ini, dengan posisi Bilbao akan bermain di final Copa del Rey, mereka berarti akan melakoni 9 laga di Piala Raja. Tambahkanlah dengan 38 laga yang mesti dijalani di La Liga. Jangan lupa, bubuhkan pula 9 laga Bilbao di Europa League. Mengingat, klub ini sudah lolos ke babak 32 besar ajang kelas dua antar klub Eropa tersebut. Jika ditotal, maka akan muncul angka 56 pertandingan.

Jumlah ini saja sudah memecahkan rekor main terbanyak Bilbao sepanjang masa. Selama ini, rekor tertinggi Bilbao terjadi pada musim 1986/1987, 2004/2005, dan 2009/2010. Kala itu mereka bermain 54 kali dalam semusim.

Angka 56 kali bertanding ini belum selesai. Kalau Bilbao lolos ke final Europa League, 9 laga akan ditambahkan lagi sehingga totalnya menjadi 63 kali bertanding.

Sejauh ini Bilbao sudah melakoni 36 laga, atau lebih dari setengah perjalanan. 21 di antaranya terjadi di La Liga. 8 di Copa del Rey, dan 7 di Europa League.

Dari 36 pertandingan tersebut, Bilbao memenangi 20 di antaranya. Persentase kemenangan anak asuh Marcelo Bielsa mencapai 55%. Sementara itu, skuad Basque cuma menderita 6 kali kekalahan. Persentasenya mencapai 16,67% saja.

Peluang Bilbao untuk menjuarai Copa del Rey, memang cukup tipis karena lawan mereka adalah Barcelona. Namun, dengan mengandalkan skuad berdarah Basque semata, pencapaian apa pun yang didapatkan Bilbao musim ini, dengan jumlah laga yang begitu banyak, sudah mencatatkan sejarah dan kebanggaan tersendiri bagi rakyat Basque.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda