Scroll to Top

Terlalu Banyak Teman Facebook Bisa Berkibat Buruk

By Ibnu Azis / Published on Friday, 10 Feb 2012

Facebook

Facebook memudahkan seseorang untuk terhubung satu dengan lainnya. Baik itu teman, kerabat, rekan kerja, keluarga, atau orang-orang di sekitar pengguna. Biasanya pengguna Facebook akan menambahkan teman dan siapa saja yang mereka anggap ‘menarik’. Entah karena dia terkenal atau tampilan foto profilnya yang rupawan.

Tahukah Anda jika memiliki banyak teman di Facebook justru dapat menyebabkan dampak negatif bagi penggunaannya. Memang Facebook memungkinkan tiap penggunanya untuk saling terhubung. Namun jika saking banyaknya teman, apakah mereka akan benar-benar terhubung? Jika makin banyak teman yang ‘asing’ atau kurang dikenal bagaimana komunikasi dengan teman-teman yang ‘benar-benar teman’?

Situs ReadWriteWeb menanyakan pada pembacanya soal terlalu banyaknya teman di Facebook. Mereka mengadakan semacam pooling untuk mengetahui bagaimana tanggapan pembaca (pengguna Facebook) yang memiliki segudang teman di jejaring sosial tersebut. Dan bagaimana hasilnya? Cukup mengejutkan.

Ada yang berpendapat jika memiliki banyak teman di Facebook justru akan menjauhkan diri kita dari teman yang sebenarnya. Sebut saja keluarga atau teman dekat. Sebab teman-teman ‘asing’ tersebut akan memenuhi segala updates di wall Facebook. Makin banyak teman maka makin banyak tatus yang menumpuk di wall. Dan kita tak bisa mengetahui kabar terbaru dari teman terdekat.

Kedua, dengan semakin banyaknya teman, maka kita akan semakin asing di Facebook. Anda akan merasa sendiri. Banyak teman bukan berarti aktivitas Facebook akan menjadi lebih hidup. Bilamana Anda tak mengenal mereka semua, bukankah akan semakin terkucilkan? Tak jarang pengguna Facebook yang tidak mengenali temannya secara dekat akan cenderung hanya melihat saja aktivitas mereka tanpa ikut terjun didalamnya (berkomentar atau nge-like).

Ketiga, dengan semakin banyaknya teman maka aktivitas Facebook akan dirasakan semakin membosankan. Mengapa bosan? Jika updates dipenuhi dengan status teman-teman ‘asing’ dan teman ‘sebenarnya’ tidak menuliskan status, maka pengguna Facebook akan cenderung bosan. Mereka bukannya turut dalam aktivitas bersama teman barunya tersebut, malah cenderung untuk meninggalkannya (Facebook).

ReadWriteWeb menuliskan normalnya pengguna Facebook memiliki 500 hingga 700 teman di akun Facebook-nya. Jika lebih dari itu, maka aktivitas Facebook akan cenderung ke hal-hal negatif. Seperti pooling yang telah mereka lakukan.

Bagaimana dengan Anda, berapa jumlah teman Anda di Facebook? Tulisakan jumlahnya di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda